Pemkab Sidoarjo Ajarkan UMKM, Komunitas, dan Mahasiswa Manfaatkan AI dalam Kehumasan Digital

Admin JSN
02 Oktober 2024 | 20.17 WIB Last Updated 2024-10-02T13:17:11Z

 

Peserta Bimbingan Teknis Pemanfaatan AI dalam Kehumasan Digital Tahun 2024 di Kantor BKD Sidoarjo, saat menerima pelatihan dari H. Erry Farid, S.Sos., M.Si., Selasa (1/10).

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam Kehumasan Digital Tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 1-2 Oktober 2024, di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari pelaku UMKM, komunitas, dan mahasiswa.

Dalam Bimtek tersebut, peserta dilatih untuk mengelola media sosial, website, serta membuat konten otomatis menggunakan teknologi AI. Pelatihan diberikan oleh H. Erry Farid, S.Sos., M.Si., Tenaga Ahli Komunikasi Publik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sekaligus Praktisi Teknologi Komunikasi Digital (AI).

Kepala Dinas Kominfo Sidoarjo, Noer Rochmawati, menyatakan bahwa di era digital saat ini, teknologi AI memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk kehumasan dan strategi komunikasi pemasaran digital.

"Teknologi ini memungkinkan pelaku usaha kecil, komunitas, mahasiswa, dan pelajar untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan merancang strategi komunikasi pemasaran digital," ujar Noer Rochmawati.

Ia menjelaskan bahwa pemanfaatan AI umumnya berfokus pada pengelolaan media sosial dan website, pembuatan konten otomatis, serta analisis sentimen publik. "AI dapat membantu masyarakat, khususnya pelaku usaha, untuk bersaing di segmen pasar yang semakin kompetitif," tambahnya.

Oleh karena itu, Dinas Kominfo Sidoarjo merasa perlu menyelenggarakan Bimtek ini untuk memberikan pemahaman dasar tentang pemanfaatan AI dalam komunikasi kehumasan dan strategi pemasaran digital. "Kegiatan ini bertujuan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek, termasuk kehumasan, serta memberikan pengalaman praktis dalam menggunakan alat-alat AI," jelasnya.

Noer Rochmawati berharap kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Sidoarjo dalam memanfaatkan teknologi AI. "Peserta akan dibekali keterampilan menggunakan alat AI dalam strategi komunikasi digital. Pemahaman praktis tentang cara memanfaatkan AI dapat diperoleh lewat Bimtek kali ini," ujarnya.

Menurutnya, kemampuan menciptakan konten kreatif media kehumasan atau pemasaran dapat diterapkan oleh pelaku UMKM, komunitas, dan mahasiswa dalam aktivitas kreatif mereka. "Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya Dinas Kominfo Sidoarjo untuk bertransformasi menuju pelayanan informasi publik yang lebih modern, transparan, dan responsif terhadap perkembangan zaman," pungkas Noer Rochmawati. (zeera)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab Sidoarjo Ajarkan UMKM, Komunitas, dan Mahasiswa Manfaatkan AI dalam Kehumasan Digital

Trending Now