Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Meneladani Momen Bersejarah Saat Apel Hari Santri 2024 Kecamatan Grati 

Admin JSN
22 Oktober 2024 | 09.58 WIB Last Updated 2024-10-22T02:58:26Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Apel peringatan hari santri nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober kembali di rayakan di halaman kantor Kecamatan Grati, Selasa (22/10/2024). 

Pagi, dimulai pukul 08.00 wib apel peringatan tersebut dilaksanakan penuh khidmat dengan di ikuti oleh berbagai elemen yang ada di Kecamatan Grati seperti Nahdliyin, Forkopimca, GP Ansor-Banser, Muslimat, Fatayat, IPNU-IPPNU, Perwakilan Siswa/santri dan Guru dan tamu undangan. Bertugas sebagai Pembina Apel Camat M. Khilmi, S.Pd., M.Pd, kemudian Pemimpin Apel Fathurrohman Anggota Banser Grati, Perwira Abdul Kholim dari Trantib, pembaca Naskah UUD 45, Resolusi Jihad, dan Ikrar Santri menunjuk langsung perwakilan dari santri yang ada di Kecamatan Grati. 

Mengenakan setelan ala santri, bersarung putih atasan taqwa warna ungu motif sarung berimamah putih, Camat Khilmi dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari santri adalah momentum bersejarah yang patut diteladani oleh para santri saat ini. 

"Hari santri yg kita peringati setiap tanggal 22 Oktober adalah momentum bagi kita semua untuk mengenang meneladani para santri yang telah memperjuangkan dan nenpertahankan kemerdekaan Indonesia." Jelasnya. 

Camat juga menegaskan bahwa adanya peringatan hari santri adalah bukti kuat tentang peristiwa resolusi jihad yang dilaksanakan pada 22 Oktober 1945 lalu. 

"Salah satu bukti perlawanan santri terhadap para penjajah adalah peritiwa Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh KH Hasyim Asyari." Lanjut camat. 

Di momen peringatan hari santri bukan hanya sekedar memperingati dengan apel, pada kesempatannya sang pembina juga mengajak para peserta Apel tersebut untuk mendo'akan para santri dan pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Dan melalui momen apel Hari Santri 2024 ini marilah sejenak kita do'akn pahlawan-pahlawan kita, ulama-ulama kita, santri-santri kita yang telah gugur di medan laga demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga mereka ditempatkan di sebaik-baiknya tempat dan dikumpulkan dengan para syuhada. Amiin." Ajak camat. 

Menutup sambutannya camat Khilmi mengajak  peserta apel dan tamu undangan untuk meneriakkan secara bersama slogan Hari santri 2024, Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan. 

"Mari kepalkan tangan dan bersama-sama mengucapkan: Hari Santri 2024 Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan." Lantang camat diikuti oleh seluruh peserta apel sekaligus menutup sambutannya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Meneladani Momen Bersejarah Saat Apel Hari Santri 2024 Kecamatan Grati 

Trending Now