Kuliah Pakar Praktikum Water Rescue Mahasiswa Sarjana Keperawatan Bersama Rescue Bela Negara

Eko Rudianto
10 September 2024 | 06.59 WIB Last Updated 2024-09-10T07:19:30Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Mahasiswa Sarjana Keperawatan semester 7 STIKes Maharani Malang  melaksanakan kegiatan Kuliah Pakar Praktikum Lapangan Water Rescue dalam memenuhi matakuliah Kegawatdaruratan Pariwisata pada Senin, (9/9/24).

Water Rescue merupakan kegiatan pertolongan atau penyelamatan dengan cara pemindahan korban dari perairan seperti kolam, sungai, dan laut. Kegiatan simulasi dilaksanakan di Resque Bela Negara Karangduren Pakissaji, Kabupaten Malang. Dalam praktiknya, Water Rescue bertujuan untuk pertolongan yang dilakukan di air. Atau suatu tindakan penyelamatan secara efektif dan efisien, jika manusia dan segala sesuatu yang berharga berada dalam keadaan yang mengkhawatirkan di air selain itu pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tanggap para relawan atau mahasiswa tentang upaya-upaya kesiapsiagaan bencana dan tanggap darurat bencana. Dalam kegiatan  mahasiswa  diberikan materi tentang olahgerak perahu karet, pengenalan peralatan dan dasar-dasar tahapan penyelamatan yang diperlukan saat simulasi water rescue.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti kegiatan Water Rescue Avika Sistya Putri mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung sangat menarik serta memiliki korelasi dengan matakuliah Kegawatdaruratan Pariwisata yang dipelajari di semester 7 saat ini yang bukan hanya sekedar teori namun juga ada praktikum lapangan mendukung untuk memberikan gambaran pada mahasiswa terhadap bagaimana kejadian real yang ada dilapangan.

"Saya rasa ini kegiatan yang menarik, berhubungan dengan matakuliah yang kita pelajari di kegawatdaruratan pariwisata bukan hanya sekedar teori dalam kelas namun juga perlu dilaksanakan praktikum lapangan seperti ini agar berdaya guna memberi gambaran kepada mahasiswa akan bagaimana kejadian real yang ada di lapangan" ujar Avika.








Pewarta : Avika Sistya Putri

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kuliah Pakar Praktikum Water Rescue Mahasiswa Sarjana Keperawatan Bersama Rescue Bela Negara

Trending Now