Pondok Pesantren Darunnajah Tulungagung Rayakan Kemerdekaan: Mengokohkan Jiwa Nasionalisme di Kalangan Santri

Admin JSN
20 Agustus 2024 | 09.58 WIB Last Updated 2024-08-20T02:58:13Z

 

Para santri Pondok Pesantren Darunnajah Tulungagung melaksanakan upacara bendera dengan penuh khidmat pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan dan upaya menanamkan jiwa nasionalisme

TULUNGAGUNG | JATIMSATUNEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Pondok Pesantren Darunnajah Tulungagung bersama Mahasiswi KKN Inovasi Pesantren UPN "Veteran" Jawa Timur menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan semangat patriotisme dan rasa cinta tanah air kepada para santri. 

Mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju," rangkaian kegiatan tersebut mencakup perlombaan, pelatihan Peraturan Baris-Berbaris (PBB), dan upacara bendera.

Kegiatan dimulai dengan berbagai perlombaan seperti lomba voli air, lomba seberang selat, lomba kepruk air, dan pentas seni. 

Para santri dengan penuh antusias mengikuti lomba-lomba tersebut, yang tidak hanya bertujuan untuk mempererat hubungan antarsantri tetapi juga menanamkan nilai-nilai kerja sama dan sportivitas. 

Pentas seni yang menampilkan berbagai kreativitas para santri menjadi pembukaan acara, menunjukkan bakat dan inovasi generasi muda pesantren.

Bersamaan dengan perlombaan, mahasiswi KKN Inovasi Pesantren dari UPN "Veteran" Jawa Timur memberikan pelatihan upacara dan PBB kepada para santri. Pelatihan ini difokuskan pada perbaikan tata cara baris-berbaris, khususnya bagi petugas pengibaran bendera merah putih. 

Melalui pelatihan ini, prosedur pembentangan bendera yang sebelumnya dilakukan oleh petugas di tengah, kini disesuaikan dengan standar upacara nasional, di mana pembentangan dilakukan oleh petugas di bagian kanan.

Pelatihan ini melibatkan seluruh siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebagai petugas upacara. Meskipun baru pertama kali diadakan, para santri menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti arahan, mulai dari latihan PBB hingga koordinasi antar petugas upacara. 

Mereka juga dilatih untuk memahami makna dan esensi upacara bendera, sehingga pelaksanaannya bukan sekadar peringatan hari kemerdekaan, tetapi juga sebagai penguat rasa cinta tanah air. 

Puncak kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2024, ketika para santri Pondok Pesantren Darunnajah melaksanakan upacara bendera dengan penuh khidmat. Upacara yang diadakan di lapangan pesantren ini diikuti oleh santri, santriwati, ustadz, ustadzah, Kyai, serta seluruh staf dan pengurus pesantren. 

Upacara kemerdekaan ini berlangsung lebih lama dari upacara biasanya, mengingat adanya pembacaan teks proklamasi, serta menyanyikan beberapa lagu mars dan lagu wajib nasional. Namun, durasi yang lebih lama tidak mengurangi semangat dan khidmat para peserta dari awal hingga akhir upacara.

Seluruh petugas upacara berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik dan menunjukkan kemajuan pesat dibandingkan pelatihan pertama. Dengan kegiatan ini, diharapkan para santri dapat meresapi makna kemerdekaan dan mengembangkan sikap nasionalisme serta tanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pondok Pesantren Darunnajah Tulungagung Rayakan Kemerdekaan: Mengokohkan Jiwa Nasionalisme di Kalangan Santri

Trending Now