Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara Kelompok 11 Bantu UMKM Desa Kedung Peluk Tingkatkan Promosi

Admin JSN
06 Agustus 2024 | 14.06 WIB Last Updated 2024-08-06T07:06:42Z
Mahasiswa KKN menyerahkan banner kepada beberapa UMKM Desa Kedung Peluk untuk mempromosikan produk-produk mereka

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bela Negara dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur kelompok 11 berkontribusi dalam memajukan UMKM di Desa Kedung Peluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo, dengan membantu mempromosikan produk-produk mereka. Mereka kemudian menyerahkan desain banner, logo, dan e-katalog yang dibuat untuk beberapa UMKM di desa tersebut pada Minggu, (4/8/2024).

UMKM yang mendapatkan bantuan pembuatan banner antara lain UMKM Jamu Mbah Mis, UMKM Bandeng Presto dan Otak-otak Mbak Lina, serta UMKM Kerupuk Ikan Bu Kayati. Selain itu, pembuatan logo dilakukan untuk UMKM Jamu Mbah Mis dan UMKM Kerupuk Ikan Bu Kayati, sementara pembuatan e-katalog ditujukan kepada UMKM Jamu Mbah Mis.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari kelompok KKN Tematik yang bertujuan untuk meningkatkan promosi produk UMKM agar dapat membuka peluang bisnis dan semakin berkembang. Melalui perbaikan promosi, diharapkan perekonomian warga sekitar, khususnya para pemilik UMKM, dapat meningkat.

“Bagus mbak bannernya, terima kasih sudah dibantu dalam pembuatan bannernya,” ujar Bu Lina, pemilik UMKM Bandeng Presto dan Otak-Otak Bandeng. Bu Kayati, pemilik UMKM Kerupuk Ikan, menambahkan, “Banner dan logonya bagus mbak, terima kasih sudah dibuatkan banner dan logonya. Harapan saya semoga dengan adanya banner dan logo ini kerupuk saya dapat dikenal oleh masyarakat luas, bukan hanya dari mulut ke mulut.”

Mbah Mis, pemilik UMKM Jamu Tradisional, juga mengungkapkan rasa terima kasihnya, “Sudah bagus semuanya, semoga dengan adanya banner, e-katalog, dan label pada jamu ini dapat meningkatkan penjualan karena sempat menurun. Terima kasih sudah dibantu dalam pembuatan ini semua oleh mahasiswa KKN.”

Melalui pembuatan banner, e-katalog, dan label yang memperhatikan jenis, manfaat, serta filosofi dari produk, mahasiswa KKN Tematik Kelompok 11 berharap dapat memberikan dampak positif bagi UMKM di Desa Kedung Peluk.

Penulis:

Dewi Latifah

April Dwi Anggraini

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara Kelompok 11 Bantu UMKM Desa Kedung Peluk Tingkatkan Promosi

Trending Now