Fakultas Pertanian UB Jalankan Inkubasi Bisnis "Lumbung Stroberi" Melalui Digitalisasi Marketing

Admin JSN
16 Agustus 2024 | 00.19 WIB Last Updated 2024-08-15T17:19:55Z

 

Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian UB bersama manajemen Lumbung Stroberi dalam upaya meningkatkan daya saing melalui digitalisasi marketing di Desa Wisata Pandanrejo, Kota Batu

KOTA  BATU | JATIMSATUNEWS.COM – Dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB) melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dan berfokus pada digitalisasi marketing di Lumbung Stroberi. (14/08/2024)

Lumbung Stroberi merupakan destinasi wisata yang menjadi ikon khas dari unit usaha BUMDES Raharjo, Desa Wisata Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Lumbung Stroberi yang menyajikan bisnis utama wisata petik stroberi, terletak di Dusun Pandan yang memiliki potensi alam sebagai penghasil buah stroberi dengan mayoritas petaninya  adalah petani stroberi.

Dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam program ini, memulai kegiatan FGD (Focus Group Discussion) bersama Manajemen Lumbung Stoberi untuk memetakan kondisi saat ini dengan menggali permasalahan dasar terkait penggunaan platform digital yang sudah diterapkan. 

Patform digital yang telah tersedia berupa website https://lumbungstroberi.com/, serta media sosial Instagram dan TikTok. Keberadaan platform tersebut sudah cukup baik, namun perlu dikembangkan sehingga menjadi lebih dinamis, kreatif, dan inovatif. Tim Dosen dan mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB) membantu mengoptimalkan dalam aplikasi digital marketing.

Improvisasi konten pada platform digital berfokus pada optimalisasi visibilitas yang lebih nyata dengan menampilkan experience travelling. Personalisasi pengalaman belanja konsumen tersebut bisa memberikan rekomendasi yang relevan sehingga bisa mengedukasi dan menarik wisatawan serta membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. 

Sedangkan penambahan fitur pada website dan Media sosial diadopsi dengan mengaplikasikan model B2C atau Business-to-Consumer, yakni on line market dan on line reservation. Model bisnis ini berfokus pada transaksi antara Lumbung Stroberi dengan konsumen akhir secara langsung. Fitur ini bertujuan untuk memudahkan konsumen dalam menentukan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya.

Dr. Silvana Maulidah,  Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat, menjelaskan bahwa program ini sangat penting untuk meningkatkan daya saing produk lokal Lumbung Stoberi di era persaingan global. 

“Dengan adanya website dan media sosial yang dikelola dengan baik dan dinamis, BUMDES Raharjo sebagai pengelola Lumbung Stoberi akan mampu menjangkau pasar yang lebih luas dan memperkenalkan produk-produk unggulannya kepada konsumen secara lebih efektif,” ujarnya.

Lebih jauh Ir. Effy Yuswita, M.Si. selaku dosen pendamping kegiatan, menambahkan bahwa manfaat bagi mahasiswa dalam kegiatan ini ialah mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dalam konteks nyata, sehingga pemahaman konsep menjadi lebih mendalam serta  ajang untuk melatih soft skill, seperti komunikasi, kerja sama tim, dan problem-solving.

Pada kesempatan yang sama Andri Tri Irawan, Manajer Operasional Lumbung Stroberi, menyambut positif program ini. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat membantu dalam memperkenalkan keberadaan Lumbung stroberi. 

“Kami menjadi lebih percaya diri dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk kami. Kami berharap program ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang pada akhirnya mampu menaikkan pendapatan Lumbung Stroberi,” ungkapnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Fakultas Pertanian UB Jalankan Inkubasi Bisnis "Lumbung Stroberi" Melalui Digitalisasi Marketing

Trending Now