Wujudkan Tertib Berlalu Lintas, Kapolres Pasuruan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2024

Admin JSN
15 Juli 2024 | 17.42 WIB Last Updated 2024-07-15T10:42:28Z

 

Apel Gelar Pasukan "Operasi Patuh Semeru 2024" di Polres Pasuruan, menekankan pentingnya keselamatan dan ketaatan dalam berlalu lintas untuk mewujudkan Indonesia Emas

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM - Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.Si. memimpin Apel Gelar Pasukan "Operasi Patuh Semeru 2024" yang diselenggarakan di lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan pada Senin, 15 Juli 2024.

Peserta apel terdiri dari Wakapolres Pasuruan Kompol Hari Aziz, S.H., para Pejabat Utama Polres Pasuruan, Kapolsek jajaran, personil TNI-Polri, dan instansi terkait lainnya. 

Apel ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personil serta sarana pendukung, sehingga Operasi Patuh Semeru 2024 dapat berjalan optimal dan mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Dalam sambutannya, Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra membacakan amanat Kapolda Jatim Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., yang menyatakan, "Polda Jawa Timur beserta seluruh jajaran, dengan dibantu oleh stakeholder terkait, akan melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi 'Operasi Patuh Semeru 2024'. Operasi ini akan digelar selama 14 hari, mulai tanggal 15 s.d. 28 Juli 2024 di seluruh wilayah Jawa Timur. Tema Operasi ini adalah 'Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas'. Tema tersebut menekankan pentingnya keselamatan dan ketaatan dalam berlalu lintas sebagai bagian dari upaya mencapai kemajuan Indonesia."

AKBP Teddy Chandra menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan operasi ini akan dilakukan kegiatan preemtif sebanyak 40%, preventif 40%, dan represif 20%. Tujuannya adalah membangun budaya tertib berlalu lintas di masyarakat dengan mengutamakan pendekatan edukatif, persuasif, dan humanis. Penegakan hukum akan dilakukan baik secara langsung maupun melalui sistem elektronik seperti Etle Statis dan Etle Mobile untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas di wilayah Jawa Timur.

Kapolres juga membacakan beberapa penekanan dari Kapolda Jatim untuk pelaksanaan operasi:

1. Selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT sebelum pelaksanaan tugas untuk memohon perlindungan dan keselamatan.

2. Menjalin sinergisitas dan kolaborasi yang baik dengan TNI, pemerintah setempat, instansi terkait, dan seluruh lapisan masyarakat.

3. Mempedomani Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan serta menjaga stamina dan kesehatan.

4. Menghindari tindakan kontraproduktif dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab agar Polri yang presisi bisa terwujud.

Setelah apel selesai, Kapolres Pasuruan didampingi Wakapolres Pasuruan dan Pejabat Utama Polres Pasuruan melanjutkan kegiatan dengan pengecekan kendaraan dinas dan kendaraan pendukung lainnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wujudkan Tertib Berlalu Lintas, Kapolres Pasuruan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2024

Trending Now