Warisan Leluhur Senin Pahing Jadi Rutinitas Simthud Duror Di Masjid Lecari

29 Juli 2024 | 09.52 WIB Last Updated 2024-07-29T06:54:30Z



PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM

Pasuruan, 29 Juli 2024 Acara Sholawat Nabi Muhammad yang rutin dilaksanakan setiap Hari Senin Pahing, dari pukul 05.00 hingga 07.30 WIB, kembali memadati Masjid Ponpes Roudlotul Ma'ruf Al-Hasaniyyah di Lecari, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan. Tradisi ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat setempat, dihadiri oleh ribuan jamaah yang ingin meraih ridho Allah dan syafaat Rasulullah Muhammad SAW.

Acara ini pertama kali diadakan di Musholah Bangilan, dekat alun-alun Pasuruan, setelah sholat subuh. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 1980, acara ini dipindahkan ke Ponpes Roudlotul Ma'ruf Al-Hasaniyyah setelah berdirinya masjid dan ponpes yang didirikan oleh Sesepuh KH. Chumaidi Bin Abdul Majid. Meskipun lokasi acara berpindah, antusiasme jamaah masyarakat Pasuruan tetap tak berkurang.

Pembukaan acara pada pagi itu dilakukan oleh Remaja Jam'iyah Al Hadrah Al Ahibba, yang kemudian diikuti oleh pembacaan maulid Diba oleh Habib Abdurrahman bin Abdul Qodir Assegaf bersama jamaah yang hadir. Kehadiran para habib dan pengasuh Ponpes Roudlotul Ma'ruf Al-Hasaniyyah menambah kemeriahan acara, yang dikunjungi oleh para jamaah dari berbagai kalangan, baik dari kota Pasuruan maupun kabupaten sekitarnya.

Tradisi ini terus dilestarikan dan diteruskan oleh generasi penerus, termasuk KH. Muhammad Arobi, KH. Asyari, KH. Abd Halim, serta Habib Abdurrahman bin Abdul Qodir Assegaf, yang juga merupakan adik dari Habib Taufik Abdul Qodir Assegaf, dan habib-habib lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. 

Di akhir acara, sholawat Nabi Muhammad diakhiri dengan pembacaan Surat Yasin dan tahlil yang dipimpin langsung oleh Habib Abdurrahman bin Abdul Qodir Assegaf, serta penutupan doa. Para jamaah juga disuguhkan dengan hidangan Timur Tengah seperti nasi samin dan biryani, menambah semangat dan antusiasme Jamaah.

Dengan komitmen dan keistiqomahan yang tinggi dari para penyelenggara dan jamaah, acara Sholawat Nabi Muhammad ini terus menjadi Warisan Yang berharga untuk mempererat tali silaturahmi dan mendekatkan Diri kepada Allah SWT.









Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warisan Leluhur Senin Pahing Jadi Rutinitas Simthud Duror Di Masjid Lecari

Trending Now