Program Pos Gizi di Desa Lebo: Upaya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Menanggulangi Stunting

Admin JSN
30 Juli 2024 | 12.17 WIB Last Updated 2024-08-08T04:26:59Z

 

Program pos gizi di Balai Desa Lebo untuk menanggulangi stunting pada anak-anak batita

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM - Balai Desa Lebo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, menjadi pusat kegiatan pos gizi dalam rangka menanggulangi stunting, pada Jumat (19/7/2024). Program ini merupakan hasil kolaborasi antara Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan Pemerintah Desa Lebo, yang akan berlangsung hingga 28 Juli 2024. Kegiatan tersebut juga melibatkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Program pos gizi ini menargetkan anak-anak batita Desa Lebo yang terindikasi mengalami kekurangan gizi dan berat badan yang kurang proporsional (stunting). Berdasarkan data Posyandu Desa Lebo, terdapat 11 batita yang terindikasi stunting. Selama kegiatan berlangsung, para batita tersebut akan mendapatkan makanan yang telah disesuaikan dengan takaran dari ahli gizi Puskesmas Kabupaten Sidoarjo. Menu yang disajikan bervariasi setiap harinya, mulai dari karbohidrat seperti nasi, protein seperti telur rebus, ayam, daging, dan udang, hingga serat dan vitamin yang diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Selain itu, berbagai makanan ringan seperti roti dan kue lapis juga disediakan.

Kegiatan pos gizi dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan sesi bermain bagi para peserta. Pemerintah Desa Lebo menyediakan fasilitas mainan yang dapat digunakan oleh anak-anak. Setelah sesi bermain, peserta diajak untuk senam bersama guna pemanasan dan menjaga kebugaran tubuh. Usai senam, peserta diberikan makanan yang telah disiapkan oleh ahli gizi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Peserta kemudian diminta mengisi daftar kehadiran sebagai bagian dari pendataan program pos gizi. Kegiatan diakhiri dengan sesi bermain lagi bersama mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat membantu menanggulangi masalah stunting di Desa Lebo dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang bagi pertumbuhan anak-anak. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo berkomitmen untuk terus mengupayakan program-program yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program Pos Gizi di Desa Lebo: Upaya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Menanggulangi Stunting

Trending Now