Musker Awal Tahun Ajaran Baru, MTs Modern Al-Rifa'ie Malang : Cetak Siswa Beradab Melalui Projek P5-PPRA

Eko Rudianto
04 Juli 2024 | 13.01 WIB Last Updated 2024-07-04T07:13:24Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Jajaran dewan guru dan pengurus Madrasah Tsanawiyah Modern Al-Rifa'ie Gondanglegi Kabupaten Malang melaksanakan Musyawarah Kerja dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2024-2025 di Gedung Aula pada Kamis (4/7/24). 

Kepala MTs Modern Al-Rifa'ie, Ustadz Iwan Hanafi, M.Pd mengatakan bahwa persiapan perlu dilakukan guna menyambut tahun ajaran baru 2024-2025, serta menjelaskan penerapan kurikulum baru untuk kelas VII siswa baru mendatang.

"Kita akan menerapkan kurikulum baru bagi santri baru, yaitu kurikulum merdeka mungkin bapak dan ibu semua sudah tahu, pada dasarnya perbedaannya adalah jika pada K13 menekankan pada hasil, namun jika kurikulum merdeka ini menekankan pada perubahan sikap" tutur Ustadz Iwan. 

Disamping itu, disampaikan juga bahwa projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin bertujuan untuk menimbulkan perubahan sikap yang fokus pasa adab dan kasus perundungan atau bullying. 

Kuranglebih 3 jam musyawarah kerja, akhirnya menimbulkan beberapa keputusan dan hasil untuk proses kegiatan belajar mengajar di Madrasah Tsanawiyah Modern Al-Rifa'ie Gondanglegi Kabupaten Malang. 

Secara umum ringkasan hasil musyawarah sebagai berikut : 

A. Secara Historis ponpes lebih tangguh namun juga lebih banyak kasus perundungan 

1. Pendekatan Spiritualitas (Kata-kata, mental legowo (dalam jawa), mental health, Stoikisme).

2. Apresiasi bagi yang tidak melakukan perundungan (konslor sebaya dari pemenang poster dan konten). 

3. Sanksi bagi yang melakukan perundungan.

4. Bekerjasama/ MoU dengan DP3AP2PKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana) : untuk prosedur, antisipasi ketika terjadi perundungan yang parah, sosialisasi berkala dan pendampingan. 

Sebab-sebab dilakukan perundungan

1. Kebersihan sesorang

2. Pribadi/ prilaku seseorang

3. Kebiasaan seseorang

4. Dll



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Musker Awal Tahun Ajaran Baru, MTs Modern Al-Rifa'ie Malang : Cetak Siswa Beradab Melalui Projek P5-PPRA

Trending Now