MTs Modern Al-Rifa'ie Gandeng Dinas PPA Kabupaten Malang Gelar Seminar Anti Bullying pada Rangkaian MATSAMA dalam Realisasi Kurikulum Merdeka

Eko Rudianto
20 Juli 2024 | 09.40 WIB Last Updated 2024-07-20T12:12:18Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Puncak Kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) sekaligus Program Kurikulum Merdeka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5PPRA), MTs Modern Al-Rifa'ie Gondanglegi-Malang, digelar dengan kegiatan Seminar Anti Bullying Bagi Siswa/Siswa Madrasah Tsanawiyah Modern Al-Rifa'ie bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Malang, di Masjid Zamachsyari Pondok Modern Al-Rifa’ie 2 pada Sabtu, (20/7/24). 

Dihadiri oleh Kepala Madrasah, seluruh dewan guru, seluruh siswa dan siswi serta Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak, Sari Ratih Maladewi, S.E yang juga sebagai pemateri acara seminar dilaksanakan secara tertib dan disimak secara seksama oleh siswa/siswi, tak jarang ditengah materi berlangsung juga dilaksanakan games edukasi bullying berupa lagu. 

Kepala Madrasah Tsanawiyah Modern Al-Rifa'ie Iwan Hanafi, M.Pd menyampaikan bahwa diadakannya seminar ini merupakan bentuk keseriusan madrasah dalam upaya menolak kejahatan bullying/ perundungan, selain itu harapan dari terlaksana kegiatan ini agar tidak ada lagi yang keluar dari pondok karena kasus bullying. 

"Seminar ini adalah upaya madrasah untuk menolak bullying atau perundungan. Untuk itu, tidak ada lagi yang namanya santri boyong (keluar pondok) karena di bully" tegas Ustadz Iwan. 

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak, Sari Ratih Maladewi, S.E dalam sesi pemateri juga berharap adanya keterwakilan kader anti bullying baik tingkat kelas maupun hingga kecamatan, serta adanya satgas anti bullying di Madrasah. 

"Nanti kalau ada yang di Bully bisa dilaporkan, makanya perlu ada satgas anti bullying dan kader anti bullying disini" ujar wanita yang akrab disapa Ibu Sari itu. 

Selain kegiatan seminar juga digelar pameran poster dan konten video edukasi tolak atau anti bullying yang merupakan hasil karya siswa sekaligus pengumuman lomba pemenangnya. Kegiatan MATSAMA juga telah digelar 11-20 Juli 2024 yang menekan pada perubahan adab dan budi pekerti luhur dan materi anti-bullying/ perundungan.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MTs Modern Al-Rifa'ie Gandeng Dinas PPA Kabupaten Malang Gelar Seminar Anti Bullying pada Rangkaian MATSAMA dalam Realisasi Kurikulum Merdeka

Trending Now