Kegiatan Pembacaan Sholawat Simthuduror Di Kota Pasuruan: Warisan Dakwah Islam Yang Terus Berkembang

24 Juni 2024 | 14.20 WIB Last Updated 2024-06-24T23:01:45Z



PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM

Rutinitas tiap hari Senin pahing di Ponpes Roudlotul Ma'ruf Al-Hasaniyyah Lecari selalu mengadakan sholawat nabi Senin 24 Juni 2024 Pukul 05.00 WIB sampai selesai.Sejak era 70-an, Kota Pasuruan telah menjadi saksi dari kegiatan pembacaan Sholawat Simthuduror yang diinisiasi oleh tokoh dakwah Islam, KH. Khumaidi bin Abdul Majid, di Musholah Bangilan. Setiap Senin Pahing setelah sholat subuh, masyarakat Pasuruan berkumpul untuk meraih Ridlo Allah dan syafaat Rasulullah Muhammad SAW melalui pembacaan Sholawat Simthudurur, diikuti oleh pembacaan surat Yasin, Tahlil, dan doa-doa dari para Habaib dan Masyayikh yang hadir.

Pada era 80-an, acara ini dipindahkan ke Lecari setelah pendirian Masjid dan pondok pesantren oleh Mbah Yai Khumaidi Bin Abdul Majid. Tetapi, semangat dan antusiasme masyarakat Pasuruan dan sekitarnya serta tokoh NU seperti KH. Akhmad Jufri, KH. Abdul Ghofur, KH. Ahmad Khamzah, Habib Abdul Qodir Assegaf, tetap tak berkurang.

Hingga saat ini, tradisi tersebut tetap dijaga dan diteruskan secara istiqomah oleh generasi penerus seperti KH. Muhammad Arobi, KH. Asyari, KH. Abd. Halim (Rois Syuriah Cabang Kota Pasuruan), Habib Abdurrokhman Bin Abdul Qodir Assegaf, para Habaib, Asatidz, serta masyarakat Pasuruan dan wali santri dari pondok pesantren Roudlotul Ma'ruf Al-Hasaniyyah dari Kabupaten Pasuruan. Hal ini menunjukkan betapa kuatnya akar dakwah Islam dan kecintaan terhadap warisan agama dan budaya di Kota Pasuruan.


Pewarta: S.A

Editor:SM

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kegiatan Pembacaan Sholawat Simthuduror Di Kota Pasuruan: Warisan Dakwah Islam Yang Terus Berkembang

Trending Now