PEMBUKAAN MAJELIS AR-RIDWAN DI MASJID SABILILLAH KOTA MALANG

Eko Rudianto
20 Mei 2024 | 21.30 WIB Last Updated 2024-05-20T14:33:49Z


ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM : Rutinan Jalsatul Itsnain yang istiqomah digelar setiap malam selasa oleh Majelis Ta'lim Wal Maulid Ar-Ridwan Malang kembali menyelenggarakan Iftitah/ pembukaan di Masjid Sabilillah di Jalan Ahmad Yani No.15 Blimbing Kota Malang pada Senin (20/5/24). 

Dihadiri oleh khodimul Majelis Ar-Ridwan Al-Habib Jamal bin Toha Baagil dan Habib Abdul Qodir bin Ahmad Mauladdawilah serta tokoh agama rutinan ini dimulai setelah shaolat isya' berjamaah. 

Habib jamal dalam sambutannya bersyukur atas terlaksananya pembukan majelis setelah mulai pertengahan bulan sya'ban libur hingga sekarang, bulan dzulqo'dah bisa dimulai kembali. 

"Semoga kita diberikan taufiq dan hidayah untuk istiqomah hadir majelis. Alhamdulillah bisa terlaksana kembali setelah mulai pertengahan bulan sya'ban libur hingga sekarang ini (dzulqo'dah) bisa dimulai kembali" ujar Habib Jamal.

Sementara itu, sebagai mauidhah hasanah Ustadz Khoiruddin menyampaikan materi mengenai fadhillah sholawat lebih khusus singkatnya hanya membaca 'sholallahu ala muhammad' yang mengisahkan hajat seorang pria yang ingin segera memilki jodoh yang cantik.

Pada sesi ta'lim Habib Jamal menerangkan mengenai pentingya adab dalam menuntut ilmu. Kita tidak bisa mendapatkan ilmu yang manafaat kalau kita tidak : 

1. Mengagungkan ilmu 

2. Mengagungkan orang yang berilmu/ gurumu/ ulama'

3. Manfaat ilmu dengan adab, adab didahulukan daripada ilmu

4. Imam syafi'ie mengatakan jadikan ilmumu seperti garam dan adabnya seperti tepung (porsinya lebih banyak tepung/adab)

5. Ulama mengatakan lebih mendahulukan adab daripada perintah contohnya adalah saat perjanjian hudaibiyah yang ingin menghapuskan nama Muhammad, saat itu sayyidina Ali diperintah Rosulullah untuk menghapus kata 'Rosulullah Muhammad' namun sayyidina Ali menolak akhirnya oleh Rosulullah dihapusnya sendiri. Dalil atau cerita kedua adalah saat Abu Bakar diperintah menjadi imam sholat, namun ditengah sholat Rosulullah sembuh dan datang jamaah di jamaahnya Abu Bakar, Rosulullah melarang untuk mundur namun Abu Bakar mundur. Itulah dalil juga dalam melafaldzkan sayyidinna Muhammad. 

6. Adan lebih mulia daripada melaksanakan perintah/ taat. 

Habib jamal menceritakan mengenai pengalamannya ke pondok salaf seperti Lirboyo yang ketika gurunya lewat para santri berhenti beraktifitas, menundukkan kepala bahkan mencopot alas kakinya sebagai bentuk adab. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PEMBUKAAN MAJELIS AR-RIDWAN DI MASJID SABILILLAH KOTA MALANG

Trending Now