Mahasiwa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur Bantu Pembuatan Papan Peringatan di Wisata Coban Lanang

Admin JSN
08 Mei 2024 | 04.51 WIB Last Updated 2024-05-07T21:53:39Z

 

Mahasiwa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur Bantu Pembuatan Papan Peringatan di Wisata Coban Lanang

BATU | JATIMSATUNEWS.COM: Pada bulan Maret 2024, mahasiswa program studi Pariwisata di UPN Veteran Jawa Timur terlibat dalam program bina desa di Desa Pandanrejo. Desa Pandanrejo, yang terletak di Kota Batu, dikenal sebagai salah satu desa wisata yang menarik, dengan berbagai daya tarik seperti Wisata Coban Lanang. Daya tarik wisata ini menawarkan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, termasuk kolam renang dengan kedalaman mencapai 70 cm. Ukuran kedalaman kolam tersebut cukup dalam bagi balita atau anak-anak.

Namun, evaluasi yang dilakukan oleh mahasiswa Pariwisata dari UPN Veteran Jawa Timur menemukan bahwa salah satu elemen penting, yakni papan peringatan kedalaman kolam renang, belum tersedia. Keberadaan papan peringatan ini dianggap sangat penting karena dapat meningkatkan kesadaran pengunjung terhadap risiko yang mungkin terjadi di sekitar kolam renang. Oleh karena itu, mahasiswa bina desa program studi Pariwisata di UPN Veteran Jawa Timur berinisiatif untuk membuat papan peringatan tersebut. Proses pembuatan papan peringatan kedalaman kolam renang ini memakan waktu selama 5 hari termasuk dengan pembelian bahan-bahan dan peralatan pembuatan papan peringatan. Papan peringatan kedalaman kolam tersebut terbuat dari bahan papan besi persegi panjang dengan ukuran 20x50 cm. Lokasi pemasangan dipilih dengan cermat, yaitu pada sisi kolam renang yang mudah terlihat oleh pengunjung.

Proses pemasangan papan peringatan ini dilakukan melalui kolaborasi antara mahasiswa program studi Pariwisata UPN Veteran Jawa Timur dan staf Wisata Coban Lanang. Melalui kerja sama ini, diharapkan fasilitas keselamatan di Wisata Coban Lanang dapat ditingkatkan, sehingga setiap pengunjung dapat merasa lebih aman dan nyaman selama berkunjung. Tindakan ini juga mencerminkan komitmen para mahasiswa untuk memberikan kontribusi positif dalam pengembangan dan peningkatan standar keselamatan di daya tarik pariwisata lokal.

Pembuatan papan peringatan kedalaman kolam merupakan bagian dari upaya pengembangan prasarana di Wisata Coban Lanang. Dengan melakukan peningkatan kualitas prasarana pariwisata, diharapkan dapat menciptakan daya tarik yang lebih besar bagi para wisatawan dan mengundang lebih banyak pengunjung untuk datang. Selain itu, pengembangan prasarana juga bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih memuaskan bagi para pengunjung. Prasarana yang baik akan mempermudah akses bagi wisatawan, meningkatkan tingkat kenyamanan selama kunjungan mereka, serta memberikan rasa aman dan nyaman. Semua ini secara keseluruhan akan membawa dampak positif bagi industri pariwisata, dengan meningkatnya jumlah kunjungan, peningkatan pendapatan, dan reputasi yang baik bagi Wisata Coban Lanang.

Selain itu, pengembangan prasarana juga akan membantu meningkatkan citra dan daya saing destinasi pariwisata. Dengan memiliki prasarana yang berkualitas, Wisata Coban Lanang dapat menarik perhatian lebih banyak wisatawan dan menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari pengalaman liburan yang menyenangkan dan berkesan. Selain itu, dengan adanya papan peringatan kedalaman kolam, akan memberikan kesan bahwa pengelola Wisata Coban Lanang sangat memperhatikan keselamatan dan kenyamanan para pengunjungnya, yang merupakan faktor penting dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung.


https://www.upnjatim.ac.id/https://www.upnjatim.ac.id/

https://lppm.upnjatim.ac.id/https://www.upnjatim.ac.id/

https://fisip.upnjatim.ac.id/https://www.upnjatim.ac.id/

https://pariwisata.upnjatim.ac.id/https://www.upnjatim.ac.id/


Penulis : 

Ayyasa Kurnia E.P

Hardian M. Akbar

Revani Fatma Vira Pratama

Rohaida Fadzila Fitriani

Princes Arsaredima Fahlevi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiwa Bina Desa UPN “Veteran” Jawa Timur Bantu Pembuatan Papan Peringatan di Wisata Coban Lanang

Trending Now