Ramadan 1445 H KPPN Malang Berbagi Ke Panti Sosial

Admin JSN
07 April 2024 | 18.26 WIB Last Updated 2024-04-07T11:32:39Z

Kepala KPPN Malang Rusna (Hem hijau) dalam Rangkaian Kegiatan Ramadan 1445 H KPPN Malang Berbagi Ke Panti Sosial

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Di bulan Ramadhan penuh rahmat dan berkah, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Malang mengadakan serangkaian kegiatan internal religi dan bakti sosial, seperti tahsin Al Quran, buka puasa bersama, bazar Ramadhan untuk masyarakat sekitar, dan mengunjungi panti asuhan dan panti jompo. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa pegawai kepada Sang Kholiq dan menumbuhkan rasa kepedulian, saling berbagi kebahagiaan kepada sesama. 


Berikut keseruan dari serangkaian kegiatan Ramadan 1445 H KPPN Malang:

1. Tahsin Al-Quran


Selama bulan Ramadan mengadakan Tahsin Al-Quran bersama ustazd Zaidan, salah satu pengajar dari Pendidikan Ilmu Qur’an (PIQ) Singosari. Kegiatan ini diikuti oleh para pegawai KPPN Malang setiap pagi sebelum mulai bekerja, dengan harapan agar peserta dapat membaca Al Qur’an dengan tepat dan benar demi terjaganya orisinalitas  praktik tilawah sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW, sekaligus dapat meraih kesempurnaan pahala di bulan Ramadan.


  2. Buka Puasa Bersama 

Selasa, 19 Maret 2024 diadakan acara buka puasa bersama, dihadiri oleh pegawai beserta anggota keluarganya. Kegiatan diawali dengan membaca kitab suci Al-Quran yang dibawakan oleh salah satu anggota keluarga pegawai, dilanjutkan sambutan Kepala KPPN Malang, Muhammad Rusna. Untuk mencairkan suasana, panitia mengadakan games bareng keluarga, dan dilanjut sembari menunggu adzan Magrib diisi dengan tausiah oleh Ustadz Zaidan, bertema “Akhlaqul Karimah Dimulai dari Keluarga”, menjelaskan bahwa akhlak terbaik adalah yang telah dicontohkan oleh RasulullahSAW, dan keluarga merupakan lembaga pendidikan utama dan pertama bagi setiap individu. Melalui kegiatan ini diharapkan antar keluarga pegawai dapat saling mengenal dan memperkuat tali silaturahmi. 


3. Bazar Ramadan 

 

Jumat, 22 Maret 2024, kegiatan Bazar Ramadhan bertempat di halaman utama KPPN Malang, menjual aneka barang dengan harga murah dan terbuka untuk masyarakat sekitar. Ini merupakan kali kedua KPPN Malang mengadakan Bazar Ramadan. Luar biasa animo masyarakat di kegiatan ini, menunggu sejak pagi, berbaris dengan rapi, sembari menunggu acara dibuka oleh Kepala KPPN Malang. “Acara ini begitu ditunggu-tunggu oleh masyarakat, saya sangat terharu, ternyata kegiatan ini sangat memberikan manfaat buat mereka, dan bersyukur kami bisa berkontribusi buat kebahagiaan mereka”, demikian ujar Muhammad Rusna. 

Barang-barang yang dijual merupakan barang bekas layak pakai hasil donasi para pegawai KPPN Malang, Kemenkeu Satu se Malang Raya, serta donatur lainnya, berupa pakaian, tas, sepatu, pecah belah, dan lain-lain. Tersedia pula sembako murah seharga Rp5.000 yang dijual dengan sistem pembagian kupon. Hasil penjualan seluruhnya disumbangkan ke Panti Sosial.

4. Perbendaharaan Berbagi

  Sekaligus masih dalam rangkaian peringatan Hari Bakti Perbendaharaan, KPPN Malang mengadakan kegiatan Perbendaharaan Berbagi ke Yayasan Peduli Kasih Kisah Nyata Dan Jeritan Hati (KNDJH) Kota Malang pada tanggal 28 Maret 2024 yang lalu. Yayasan ini memiliki dua panti, yaitu panti asuhan dan panti jompo, yang didirikan dan dipimpin oleh Miftahul yang sekaligus sebagai ‘Ibu” dari 72 anak panti. Disambut ceria dan bahagia oleh para penghuni panti asuhan yang sebagian besar adalah  anak-anak balita yang tidak diharapkan keberadaannya oleh orang tua mereka, sebagian ditemukan di jalan, bahkan mirisnya ada yang ditemukan di tong sampah. Menimbulkan rasa haru dan iba melihat tingkah polah mereka, ada yang langsung tertidur pulas dalam gendongan pengunjung, merengek kesal ketika diturunkan dari pangkuan, dan tak berharap dilepaskan dalam pelukan hangat dari seorang ibu pengunjung, 

 

Begitu pula ketika kunjungan kedua di Panti Jompo, tersirat harapan dan kebahagiaan di wajah para orang tua (manula) yang rata-rata berusia di atas 70 tahun, dan sudah  tidak memiliki keluarga. Hasil dialog dari penghuni panti dan pengasuh, beberapa ditemukan di jalan, diserahkan dari dinas sosial, dan sudah tidak diharapkan lagi oleh keluarganya. Sebagian masih bisa beraktivitas, dan sebagian lagi sudah tidak mampu beraktivitas dan membutuhkan bantuan orang lain. 

Bantuan secara simbolis disampaikan langsung oleh Kepala KPPN Malang, Muhammad Rusna kepada masing-masing pimpinan Panti.  Donasi diberikan dalam bentuk uang dan barang berupa beras, telur, minyak, gula, mie instant, snack, roti, dan  pakaian  anak-anak, diharapkan dapat menambah kebahagian buat mereka. “Kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan rasa empati, kepedulian kita kepada golongan lemah, dan sekaligus meningkatkan rasa syukur atas segala hal yang telah Allah berikan kepada kita”, kata Rusna sambil berharap kegiatan seperti ini bisa kembali dilaksanakan di tahun depan.

 


Ditulis oleh : Lulu Puspita Anggraini (P3K KPPN Malang)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ramadan 1445 H KPPN Malang Berbagi Ke Panti Sosial

Trending Now