RELAWAN FPRB JATIM MELAKUKAN TUGAS KEMANUSIAAN DI PULAU BAWEAN YANG TERDAMPAK BENCANA GEMPA

Eko Rudianto
29 Maret 2024 | 22.22 WIB Last Updated 2024-03-29T15:23:07Z

SURABAYA | JATIMSATUNEWS.COM : Relawan yang tergabung dalam forum pengurangan risiko bencana (FPRB) Jawa Timur, bersama-sama badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, berangkat Pulau Bawean, Jumat (29/03/2024) hari ini.

Mereka berangkat menggunakan Kapal Perang Indonesia (KRI)516-Teluk Banten, dalam rangka melaksanakan tugas Assessment Fasilitas Umum yang terdampak bencana gempa, sekaligus loading logistic untuk para penyintas dan relawan yang bertugas di beberapa tempat pengungsian.

Dalam arahannya, Dadang Iqwadi, dari BPBD Jatim, mengatakan bahwa yang akan dilakukan assessment adalah fasilitas umum yang meliputi tempat ibadah, sekolah, rumah sakit/puskesmas, kantor dan pondok pesantren. Semua data harus disertai foto memakai open camera yang telah disesuaikan dengan milik bidang Rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Nanti relawan akan dibagi dua tim. Satu melakukan assessment di Sangkapura, dan satunya di Tambak. Targetnya, tanggal 31 maret kegiatan assessment selesai. Untuk itu relawan harus bekerja keras,” Katanya di halaman Kantor BPBD sebelum berangkat ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Catur Sudarmanto, Sekjen FPRB Jawa Timur, dalam pesannya, berharap agar Kegiatannya nanti harus sesuai arahan BPBD, terkait cara menentukan tingkat kerusakan bangunan, serta cara menghitung nilai kerusakan dan nilai kerugian dari sebuah bangunan.

Mbah Darmo, panggilan akrab Catur Sudarmanto, juga mengatakan agar relawan dapat bekerja secara maksimal dan efektif mengingat waktunya pendek. Jangan datang sebagai relawan wisata bencana, Namun, harus benar-benar dapat memberi manfaat bagi semua, terutama bagi penyintas

“Mengingat dalam kondisi darurat, tolong dijaga kesehatannya, jaga kekompakan sesama relawan tanpa membedakan seragam, serta dapat menjaga martabat sebagai relawan penanggulangan bencana dibawah koordinasi BPBD Provinsi Jatim,” Ujar pria yang berdomisili di Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang







 




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RELAWAN FPRB JATIM MELAKUKAN TUGAS KEMANUSIAAN DI PULAU BAWEAN YANG TERDAMPAK BENCANA GEMPA

Trending Now