Mendalami Supervisi Pendidikan Pada PKBM Bintang Bangsa: Temuan Kelompok 5 Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang

Eko Rudianto
22 Desember 2023 | 11.00 WIB Last Updated 2024-04-27T14:02:46Z


ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM : Sebuah langkah signifikan telah diambil oleh kelompok 5 Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang yang berhasil menyelesaikan observasi mendalam pada 13 Desember 2023, minggu lalu. Observasi tersebut menggali informasi tentang fungsi dan peran supervisi pendidikan di PKBM Bintang Bangsa. Terletak di Perum Tumpang Permai Blok E - 1, Desa Jeru, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, PKBM Bintang Bangsa menjadi fokus penelitian kelompok ini yang ingin mengungkapkan bagaimana berbagai fungsi supervisi pendidikan diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nonformal di tingkat lokal.

Membina dan Memimpin:

Supervisi pendidikan di PKBM Bintang Bangsa tidak hanya bersifat mengawasi, tetapi juga membina dan memimpin. Para pengawas terlibat secara aktif dalam pengembangan keterampilan dan pemahaman tenaga pengajar. Mereka tidak hanya memeriksa kinerja, tetapi juga memberikan bimbingan untuk memastikan guru dapat mencapai potensi maksimal mereka.

Menyelenggarakan Inspeksi:

Supervisi di PKBM Bintang Bangsa mencakup penyelenggaraan inspeksi yang rutin dan terjadwal. Inspeksi dilakukan untuk memastikan kepatuhan terhadap standar pendidikan yang telah ditetapkan. Para pengawas berperan sebagai pemastian bahwa seluruh proses pembelajaran dan pengelolaan sekolah berlangsung sesuai dengan pedoman yang berlaku.

Penilaian dan Pemberian Latihan:

Proses penilaian kinerja guru merupakan bagian integral dari supervisi. Dalam observasi ini, kelompok mahasiswa menemukan bahwa PKBM Bintang Bangsa tidak hanya melakukan penilaian kinerja, tetapi juga memberikan latihan dan pelatihan tambahan. Ini bertujuan untuk memperbaiki kelemahan dan memperkuat kelebihan, membentuk tim pengajar yang lebih kompeten.

Penelitian Hasil Inspeksi Berupa Data:

Pentingnya data dalam pengambilan keputusan tampak jelas dalam observasi ini. Hasil inspeksi tidak hanya dibiarkan begitu saja, tetapi diolah dan dianalisis secara seksama. Hasil penelitian yang dihasilkan dari data ini menjadi dasar untuk membuat kebijakan perbaikan dan pengembangan program pendidikan di masa depan.

Observasi ini mencerminkan dedikasi PKBM Bintang Bangsa untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Fungsi supervisi pendidikan yang holistik, mencakup pembinaan, kepemimpinan, inspeksi, penilaian, pemberian latihan, dan penelitian data, memberikan gambaran tentang pendekatan komprehensif yang diadopsi oleh lembaga ini.

Hilari, salah satu dari Kelompok 5 Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang berharap bahwa temuan mereka dapat memberikan inspirasi bagi lembaga pendidikan sejenis dan membantu mendorong perbaikan berkelanjutan dalam penyelenggaraan pendidikan nonformal di tingkat masyarakat.

"dari hasil temuan kami, diharapkan nanti bisa menginspirasi lembaga-lembaga pendidikan nonformal lain, agar dapat saling berpartisipasi  dalam menyelenggarakan pendidikan di masyarakat".


Kelompok 5:


1. Dewi Karimah (210141601255)

2. Hilaria Putri Saraswati (210141601302)

3. Mochammad Farhan Aliyudin. (210141601314)

4. Nur Hamid Abdissalam (210141601291)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mendalami Supervisi Pendidikan Pada PKBM Bintang Bangsa: Temuan Kelompok 5 Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang

Trending Now