Peringati HORI ke-77, Kantor Kemenkeu Satu Wilayah Madiun Raya Melayani Lebih Baik

Admin JSN
27 Oktober 2023 | 21.18 WIB Last Updated 2023-10-30T09:22:44Z
Foto penutupan pekan olahraga dalam rangka memeriahkan HORI ke-77  bertempat di KPPN Madiun. Kontributor: Windi Meiliana, Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN Madiun.


MADIUN | JATIMSATUNEWS.COM – Kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Satu Wilayah Madiun Raya menggelar penutupan pertandingan pekan olahraga bertempat di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Madiun. Kegiatan tersebut ditandai dengan jalan santai bersama, Jumat, 27/10/2023.
 
Sebelumnya telah dilaksanakan rangkaian pertandingan olahraga dengan berbagai cabang olahraga (Cabor) dimulai sejak tanggal 15 September 2023 sampai dengan 25 Oktober 2023. Cabor yang dipertandingkan yakni catur, tenis, tenis meja, bola voli, dan bulutangkis.

Pertandingan pekan olahraga bersama diikuti enam unit kantor vertikal Kementerian Keuangan dalam rangka memeriahkan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-77 tahun 2023. Unit vertikal Kementerian Keuangan dimaksud adalah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Madiun, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Madiun, Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Madiun, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Madiun, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ngawi, dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ponorogo. 

Dalam sambutannya Kepala KPPN Madiun sekaligus bertindak sebagai Koordinator Kemenkeu Satu di Wilayah Madiun Raya, Joko Maryono mengapresiasi kegiatan olahraga tersebut.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kita bukan mencari menang dan kalah, melainkan untuk memupuk kebersamaan dan kekompakan seluruh keluarga besar Kementerian Keuangan yang ada di Wilayah Madiun Raya,” jelas Joko Maryono. 

Pada kesempatan yang sama diumumkan pula para pemenang pertandingan pekan olahraga, yaitu untuk cabor tenis juara I diraih oleh KPP Pratama Ngawi. Cabor bola voli juara 1 disabet oleh KPPBC Madiun. Cabor tenis meja juara 1 diraih oleh KPP Pratama Ngawi. 

Selanjutnya untuk cabor catur juara 1 diraih oleh KPKNL Madiun dan KPP Pratama Ngawi meraih juara 1 pada cabor bulutangkis. Raihan tiga kali menjadi juara 1 di tiga cabang olahraga, menjadikan KPP Pratama Ngawi menjadi juara umum pada Pekan Olahraga HORI Ke-77 Tahun 2023 Kemenkeu Satu di Wilayah Madiun Raya.
Foto bazar UMKM binaan KPPN Madiun. Foto dokumen KPPN. 

Dalam kegiatan tersebut, juga digelar bazar bersama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Binaan KPPN Madiun, yaitu UMKM Gahari. Hal ini juga sebagai wujud nyata peran Kementerian Keuangan Satu di Wilayah Madiun Raya ikut serta mendorong dan memberdayakan UMKM lokal untuk naik kelas.

“UMKM dapat tumbuh berkembang dan berkontribusi menggerakkan roda perekonomian di sekitar. Harapan ke depannya kegiatan pekan olahraga bersama dapat terus dilaksanakan agar komunikasi dan sinergi dapat terus terjalin dengan baik bahkan ditingkatkan. Hal ini sejalan dengan slogan HORI Ke-77 Tahun 2023 KEMENKEU MELAYANI LEBIH BAIK,” ujar Joko Maryono. 

Untuk diketahui, tanggal 30 Oktober adalah hari yang bersejarah bagi Kementerian Keuangan. Pada tanggal tersebut setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Oeang Republik Indonesia (HORI). Peringatan ini merujuk pada tanggal berlakunya Oeang Republik Indonesia (ORI) secara sah, yaitu pada 30 Oktober 1946 pukul 00.00. 
ORI adalah mata uang pertama yang dimiliki Indonesia. 

Kala itu, pemerintah memandang perlu mengeluarkan mata uang sendiri sebagai lambang negara merdeka. Mata uang ini sekaligus menjadi alat pembayaran yang sah di wilayah Indonesia, berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan tertanggal 29 Oktober 1946. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati HORI ke-77, Kantor Kemenkeu Satu Wilayah Madiun Raya Melayani Lebih Baik

Trending Now