SMAN 1 Gondangwetan Pasuruan, Raih Medali Perak di Ajang Festival Inovasi Kewirausahaan Tingkat Nasional Tahun 2023

Admin JSN
30 September 2023 | 08.07 WIB Last Updated 2023-09-30T02:35:15Z

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM
: SMAN 1 Gondangwetan, sebagai Sekolah Double Track, program kegiatannya  banyak menghasilkan inovasi dan memicu kreativitas siswa. 

Ada dua program Double Track di SMAN 1 Gondangwetan. Tata Boga (Pastry Bakery) dan Fotografi. 

Untuk DT Tata Boga, ada sepuluh KUS (Kelompok Usaha Siswa)  Pastry Bakery. KUS inilah yang diberi tantangan mengikuti FIKSI 2023, Festival Inovasi dan  Kewirausahaan Siswa..

Akhirnya, salah satu KUS, yaitu KUS Double Sweet  ditanyakan lolos setelah melalui serangkaian penilaian secara online yang menampilkan gagasan, presentasi dan produk. 

KUS Double Sweet bermetamorfosis menjadi Tim Sirius, karena hanya diwakili 2 peserta pun mengikuti lomba FIKSI (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia) tingkat nasional tahun 2023 di Jakarta. 

FIKSI merupakan  salah satu kegiatan yang diadakan PUSPRESNAS Kemendikbudristek, selain OSN, O2SN, FLSN, dan English Debate. Kali ini FIKSI digelar mulai  25 September sampai 30 September 2023 di gedung SMESCO,  Jakarta Selatan

Setelah melewati serangkaian penilaian presentasi, praktik juga tampil sebagai marketer di Booth EXPO,  alhamdulillah Tim Sirius diganjar sebagai Juara 2 dan memperoleh Medali Perak. 

Tim Sirius berjaya di kategori  Pengembangan Usaha Boga.  Inovasi yang diciptakan adalah Jepis Khas Gonta. Yaitu, olahan jeruk nipis yang dapat menjadi produk andalan berupa Pie Jepis dan Sirup Jepis. Merek dagangnya  Jepis khas Gonta.

Olahan produk inilah yang membuat Tim Sirius meraih prestasi gemilang dalam ajang lomba FIKSI 2023.


 Menariknya,  dari produk Pie Jepis dan Sirup Jepis ini bukan hanya dari rasanya yang super sweet dan anti boring tetapi kemasan juga sangat eyecatchiny dan menawan . Levelnya sudah seperti produk pabrikan 

Tidak lupa,  terdapat promosi wisata Kabupaten Pasuruan di Kemasan Pie Jepis ini. 

Kemasan yang cantik dan menarik ini tak lain bertujuan untuk memopulerkan destinasi wisata Pasuruan, khususnya Wisata Air Terjun Madakaripura di lereng Bromo 

Harapannya, KUS DT dan Tim Sirius, binaan Ibu Ratna Rahayuningsih, S.Pd dan ibu Dian Sri Pujiastutik, S.Pd dapat meraih hasil yang lebih baik dan menjadi yang terbaik untuk lomba FIKSI selanjutnya.

Teguh Hariawan, Kepala Sekolah SMAN 1 Gondangwetan, sangat bersyukur dengan kemenangan timnya diajang FIKSI 2023.

"Alhamdulillah,  untuk kesekian kalinya SMAN 1 Gondangwetan meraih prestasi tingkat nasional sekaligus sebagai tonggak sejarah bagi stake holder," ucap Kepala Sekolah Teguh. 

Merupakan salah satu tonggak sejarah bagi seluruh stake holder SMAGONTA, julukan populer sekolah ini. Untuk kesekian kalinya, siswa SMANGONTA berjaya di tingkat nasional.

"Sekolah sudah menyiapkan reward khusus bagi para juara,"ungkap Teguh.

 Harapannya, kreatifitas dan inovasi tetap terjaga dan makin tumbuh berkembang di SMAN 1 Gondangwetan. Ans
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SMAN 1 Gondangwetan Pasuruan, Raih Medali Perak di Ajang Festival Inovasi Kewirausahaan Tingkat Nasional Tahun 2023

Trending Now