Merefleksi Gagasan CAPRES (Anies baswedan)

Eko Rudianto
25 September 2023 | 19.29 WIB Last Updated 2023-09-25T15:16:21Z

Oleh : Hendra Prastya Mere Sadhu

ARTIKEL  | JATIMSATUNEWS.COM : Gagasan tentang misi beliau mengenai, akses kesehatan, pendidikan, lapangan kerja, tata letak kebutuhan pokok, serta penegakan hukum yang akan dikembangkan di sistem pemerintahan Indonesia, yang mana penegakan hukum adalah perioritas .

Ada beberapa kontradiktif yang saya tangkap dari gagasan maupun jawaban yang di lontarkan pada beliau antara lain yaitu, terkait dengan pernyataan beliau mengenai KPK (harus ada pengawasan mekanisme yang baik, agar KPK tidak menjadi sebuah badan yang justru, merusak praktek pemberantasan korupsi. Yang disandingkan dengan pernyataan dan pertanyaan (KPK harus independen dan apakah itu dipengaruhi oleh fakta bahwa KPK telah meng,ekspos beberapa kali ttg formula E dan calon presiden beliau telah diperiksa oleh KPK?). Saat memberikan pernyataan terkait KPK beliau ungkapkan seolah olah terkesan sedikit lebih hati hati, terhadap KPK. 

Tetapi saat menjawab tentang pertanyaan, dimana pertanyaan tersebut masih terkait antara dirinya dengan tugas KPK, justru lebih terkesan mendukung dan percaya, tanpa adanya pertimbangan tentang pengawasan mekanisme seperti yang di gagas beliau. Menurut pandangan saya, pernyataan ini keluar dari nilai keadilan dalam penegakan hukum. 

Kemudian berbicara mengenai kebebasan berpendapat yang menurut beliau masih kurang, dan harus diperbaiki, dan khalayak umumpun pasti tau, bahkan beliau mengclaim bahwa scorenya masih antara 5-6 dari 10. Maka pertanyaanya adalah, mengapa hal ini tidak dimasukan kedalam misi, pada gagasan beliau diawal... padahal cukup jelas bahwa negara kita adalah negara demokrasi.

Mengevaluasi dari gagasan dan jawaban lain yang telah di ungkapkan oleh beliau, menurut saya cukup memuaskan untuk didengar oleh masyarakat.

Tinggal emplementasinya.... !!

Dengan kemajuan tekhnologi yang saat ini, kita bisa tau isu isu yang beredar tentang individu di berbagai lembaga. Maka dari sini kita bisa menilai , seberapa proporsional seberapa kongkrit antara gagasan gagasan yang diungkapkan, dengan emplementasinya di kehidupan berbangsa dan bermasyarakat

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Merefleksi Gagasan CAPRES (Anies baswedan)

Trending Now