Hadapi Tantangan Digital, Inovasi Penguatan Kompetensi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Website Terintegrasi

Admin JSN
06 September 2023 | 11.15 WIB Last Updated 2023-09-06T04:15:01Z


LANGSA | JATIMSATUNEWS.COM: Di era digital yang terus berkembang, pendidikan menghadapi tantangan baru dan menarik. Salah satu inovasi yang paling nyata adalah penguatan keterampilan guru dalam menerapkan kurikulum mandiri terintegrasi berbasis website. 

Kurikulum Merdeka yang diperkenalkan sebagai langkah revolusioner dalam pendidikan Indonesia memberikan perubahan besar bagi guru dan siswa. Hal ini memungkinkan program untuk disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan perkembangan global. Namun implementasi ini juga menghadapi tantangan, terutama dalam integrasi teknologi.

Dengan ini Dosen Pendidikan Geografi Unsam (4/9/2023) melakukan penguatan kompetensi implementasi berbasis website dengan Guru-guru SMA di Kota Langsa. Kegiatan ini diketuai oleh Dr. Rima Meilita Sari, S.Pd., M. Pd, beserta dua anggota lainnya Dr. Tengku Muhammad Sahudra, S.Pd., M.Pd., M.Si dan Faiz Urfan, S.Pd., M.Pd. 
Kegiatan pelatihan website Worldwall ini berlangsung di Aula Kantor Cabang Dinas Kota Langsa dengan ikuti oleh 30 guru se-SMA di Kota Langsa. 

Website yang implementasikan yaitu Wordwall yang merupakan platform yang memungkinkan guru membuat interaksi lebih interaktif dengan siswa. Dr. Rima Meilita Sari, S.Pd., M. Pd, menambahkan. "Website ini bisa dirancang untuk membantu guru membuat pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa mereka. Ditambah lagi dengan mode game yang ditawarkan dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam menjawab soal." 

Guru-guru menyambut dengan antusias kegiatan ini. Para guru langsung mendemonstrasikan cara menggunakan website worldwall dengan dibantu oleh enam mahasiswa Pendidikan Geografi Unsam.
"Kegiatan ini sangat bermanfaat, dimana kami diberikan materi mengenai cara menggunakan aplikasi Wordwall. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilaksanakan lagi untuk kedepannya." Ucap Dhamir Azimah Elviza, S.Si, selaku salah satu guru yang turut hadir dalam pelatihan penggunaan website Worldwall.

Tidak hanya melatih guru dalam penggunaan teknologi, pelatihan website Worldwall ini juga diharapkan guru dapat lebih kreatif dalam hal mengajar dan menciptakan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa untuk kedepannya.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hadapi Tantangan Digital, Inovasi Penguatan Kompetensi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Website Terintegrasi

Trending Now