Larang Motor Knalpot Brong, Komunitas Akar Motor Club Karangbong Sidoarjo Touring ke Pantai Prigi

01 Juli 2023 | 16.17 WIB Last Updated 2023-07-02T23:40:30Z

AMC Desa Karangbong, Gedangan Sidoarjo touring menuju Pantai Prigi, Trenggalek

SIDOARJO | JATIMSATUNEW.COM - Akar Motor Club (AMC) Desa Karangbong, Gedangan Sidoarjo touring menuju Pantai Prigi, dan Pantai Pasir Putih Trenggalek, Sabtu 1/7/2023.

AMC yang berdiri sejak tahun 1974 merupakan perkumpulan pengguna sepeda motor warga Karangbong. Didirikan oleh mendiang bapak Suraji dan Saroni. 

Tentang perjalanan panjang motoran,  koordinator AMC yang akrab dipanggil Bagong menyebut akan mengawal keamanan,  ketertiban,  hingga kenyamanan menggunakan mobil. 

"Kami selaku koordinator sebagai driver yang mengawal di depan membawa mobil komando," kata koordinator AMC, Teguh Hariono, atau yang akrab dipanggil Bagong.

Sejatinya, bukan kali ini saja AMC touring, terjadwal touring dilaksanakan 6 bulan sekali. Akan tetapi pelaksanaan  menyesuaikan keadaan.

Bagong menjelaskan ada kalanya dilaksanakan 8 bulan sekali. Di kala pandemi seperti kemarin, kegiatan dilaksanakan setahun sekali.

Pernah dulu AMC menyambangi Pantai Ambulu, Jember yang diikutii 160 pesepeda motor. Rute kala itu melewati Lumajang, Ranupani. Turun di daerah Malang yang medannya menantang. Medan yang dianggap Bagong sangat seram.

Kali ini agenda ke Pantai Prigi,  estimasi rute tidak seseram ke Ambulu dahulu,  namun tetap harus dikawal untuk kesu meminimalisir kendala.

"Hari ini, Sabtu (1/6/23) AMC akan bergerak ke pantai Prigi, daerah Trenggalek," ujar Bagong.

Bagong menyampaikan bahwa touring sudah menjadi tradisi warga Karangbong. Meski tak memaksakan warganya banyak warga yang ikut dengan keikutsertaan sukarela. Meski demikian segala jenis sepeda motor yang digunakan warga tak dapat diikutkan hanya yang  layak jalan saja.  Tanpa mengkotak-kotakkan merk sepeda motor.

"Kegiatan ini bermanfaat untuk melatih kedisiplinan bersepeda motor, mulai dari keaktifan STNK," papar Bagong menambahkan.

Penggunaan knalpot brong dilarang ikut oleh Bagong. Tujuannya, AMC berusaha menaati peraturan berkendara yang berlaku.

Imam selaku perwakilan warga antusias menyambut positif kegiatan touring ini. Ia mengaku senang dengan diadakannya touring bersama warga Karangbong.

"Selain menambah wawasan, juga untuk berlibur. Tali silaturahmi yang erat antar warga juga terjaga," kata Imam menutup wawancara dengan JatimSatuNews. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Larang Motor Knalpot Brong, Komunitas Akar Motor Club Karangbong Sidoarjo Touring ke Pantai Prigi

Trending Now