PMII Rayon Ibnu Khaldun Selenggarakan Bakti Sosial Selama 3 Hari, Mulai dari Renovasi TPA Hingga Santunan Anak Yatim

Eko Rudianto
28 Mei 2023 | 12.52 WIB Last Updated 2024-06-08T09:16:34Z

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Pengurus Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ibnu Kholdun Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Negeri Malang (FEB UM) melakukan kegiatan bakti sosial tahun 2023. Acara dilakukan 4 hari pada Kamis hingga Minggu, 25-28 Mei 2023 dilakukan di desa Kasembon Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Bakti Sosial yang dilakukan terdiri dari membantu mengajar di SDN 2 Kasembon, Perlombaan Anak-Anak, Santunan Anak Yatim, Renovasi dan Peresmian Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Pemasangan Plakat, serta Sosialisasi Ekonomi Kreatif dan Lingkungan Hidup dan Digital Marketing. 

Sebagai acara yang memiliki ruh penting dalam kegiatan bakti sosial ini, yakni Sosialisasi Ekonomi dan Lingkungan hidup yang memiliki tema "Satukan Kepedulian Menuju Keberkahan dengan Berbagi Kebahagiaan", diharapkan masyarakat lebih memahami jenis-jenis sampah dan pentingnya memilah sampah, selain itu masyarakat lebih mangetahui prinsip 3R (Reduce-Reuse-Recycle) secara mendalam, disamping itu masyarakat dengan sosialisasi ini mengetahui cara efektif pengelolaan sampah rumah tangga, serta yang paling utama adalah dapat menyadari dan mengetahui penting adanya program pengelolaan sampah dari desa dan peran masyarakat.

Diikuti oleh kurang lebih 30 masyarakat dusun Krajan Desa Kasembon Kecamatan Bululawang kabupaten Malang di pendopo Kantor Desa Kasembon, acara ini berlangsung selama 2 jam. Pada pukul 09.00-12.00 WIB masyarakat menyimak, berdiskusi bersama membahas isu lingkungan yang bisa dikerjakan dengan menggunakan sistem fasilitasi. 

Dipandu oleh Aktivis Lingkungan Hidup dan Kebencanaan Eko Rudianto, acara sosialisasi dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama ditandai dengan pembacaan CV pemateri dan apersepsi terintegrasi lokal wisdom oleh pemateri. Pada sesi kedua, sesi materi dan diskusi digelar. Pada sesi ketiga, sesi tanya jawab, kesimpulan diskusi serta foto bersama.

Ketua Pelaksana Kegiatan Bakti Sosial Sahabat Ibad berharap agar ini bisa memberikan manfaat kepada warga masyarakat desa "Semoga kegiatan ini memberikan manfaat tentang pentingnya  menjaga lingkungan dan memberikan dampak digital marketing". Ujar Ibad

Ketua Rayon PMII Ibnu Khaldun juga memberikan sambutannya, dalam kesempatannya ia berterimakasih telah diberikan kesempatan dalam berkegiatan disini. 

"Terimakasih kami sampaikan, karena kami diterima melaksanakan kegiatan bakti sosial disini dan semoga semoga kegiatan yang kami lakukan berdampak yang signifikan bagi warga desa" imbuhnya. 

Perwakilan dari Kelala Kasembon yang juga sebagai Modin juga memberikan sambutan, Samsul Huda menyampaikan terimakasih dan mengungkapkan pentingnya sosialisasi lingkungan hidup dan digital marketing sangat bermanfaat. 

"Terimakasih atas kegiatan yang telah dilakukan selama kuranglebih 3 hari disini, saya menyadari bahwa sosialisasi lingkungan hidup dan digital marketing memang sangat penting. Akhir kata kami memohon maaf apabila dalam penyambutan teman-teman PMII ada sesuatu yang kurang. Dengan ini TPA Gunung Kencur dapat digunakan, bagi warga yang ingin membuang sampah kesana bisa" Ujar Samsul Huda.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PMII Rayon Ibnu Khaldun Selenggarakan Bakti Sosial Selama 3 Hari, Mulai dari Renovasi TPA Hingga Santunan Anak Yatim

Trending Now