Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Sungguh Menyentuh, Aksi Polisi Tuban Gendong Warga Disabilitas Saat Penyaluran Bantuan Tunai

Admin JSN
13 Mei 2022 | 15.56 WIB Last Updated 2022-05-13T08:57:12Z
Aksi manusiawi dilakukan anggota Polres Tuban saat melaksanakan penyaluran bantuan tunai pedagang kaki lima, warung dan nelayan (BTPKLWN) yang berlangsung di Mapolres Tuban, Kamis (12/05).

TUBAN I JATIMSATUNEWS.COM: Aksi manusiawi dilakukan oleh anggota Polres Tuban saat melaksanakan penyaluran bantuan tunai pedagang kaki lima warung dan nelayan (BTPKLWN) yang berlangsung di Mapolres Tuban, Kamis lalu (12/05).

Saat penyaluran bantuan tersebut, tampak seorang Polisi berpangkat Bintara sedang menggendong salah seorang penerima bantuan yang disabilitas yang kemudian diketahui bernama Slamet Gunawan (50). Ia merupakan warga RT 01 RW 04 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan/Kabupaten Tuban, dan ia pada Kamis tersebut berangkat menuju tempat pengambilan bantuan.

Saat sudah tiba di tempat, Briptu Wira (28) yang merupakan anggota Polres Tuban dengan humanis menawarkan bantuan untuk menggendong Slamet. Tawaran tersebut muncul saat ia melihat ada salah seorang penerima bantuan yang kesulitan berjalan.

Sontak kejadian tersebut menjadi perhatian ribuan warga lain yang ikut mengantri saat hendak mengambil program bantuan dari pemerintah.

Persyaratan untuk menerima bantuan tersebut masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima (PKL), warung, kios maupun nelayan harus mengikuti pendataan terlebih dahulu. Pendataan dilakukan oleh masing-masing Bhabinkamtibmas yang terjun langsung untuk mengecek kondisi calon penerima, dan menentukan layak-tidaknya mendapatkan bantuan. 

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Tuban AKBP Darman, yang menurutnya total ada lebih dari 2600 warga yang hari ini menerima bantuan tunai. Uang tunai yang diterima masing-masing orang adalah 600 ribu rupiah.

"Masyarakat penerima bantuan ini sudah melalui survei di lapangan oleh masing-masing Bhabinkamtibmas untuk memastikan apakah layak atau tidak mendapat bantuan tersebut," ucap AKBP Darman.

Kapolres Tuban menerangkan bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Ini salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat ekonomi menengah kebawah di tengah pandemi Covid-19, semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," terang AKBP Darman.

Disinggung terkait anggotanya yang terlihat menggendong salah seorang penerima bantuan, Kapolres Tuban mengatakan bahwa itu merupakan kewajiban tiap anggota Polri dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Memang sudah kewajiban kami memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, terlebih kepada masyarakat yang sangat membutuhkan, ini bentuk kedekatan kita dengan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Slamet Gunawan usai menerima bantuan mengucapkan terimakasih atas pelayanan yang diberikan Polres Tuban, sehingga ia diberikan prioritas tanpa harus ikut mengantri. 

"Terimakasih untuk Polres Tuban, saya sudah diberikan prioritas dalam pengambilan bantuan ini. Tadi, saya juga sudah digendong sampai tempat pengambilan bantuan. Sekali lagi terimakasih Polres Tuban".

(Ali)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sungguh Menyentuh, Aksi Polisi Tuban Gendong Warga Disabilitas Saat Penyaluran Bantuan Tunai

Trending Now