PDDI LESTARI : Kegiatan Penghijauan Hutan Bersama dengan Berbagai Organisasi

Admin JSN
15 Februari 2022 | 21.11 WIB Last Updated 2022-04-08T03:12:17Z

 

MALANG I JATIMSATUNEWS.COM: Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Malang menyelengarakan Program PDDI Lestari, yaitu kegiatan kolaborasi dari berbagai organisasi dalam  penghijauan hutan di Wanawisata Coban Rondo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Minggu (13/2/2022). Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, mulai hari sabtu  melakukan Bakti Sosial di Panti Asuhan sekaligus Pondok Pesantren Al-Ma’wa. Selain pemberian bantuan sembako dan santunan, kegiatan diisi dengan makan bersama dan fun game oleh Asosiasi Experiential Learning Indonesia (Aeli) Jawa Timur.

     

Kegiatan dilanjutan dengan malam keakraban atau sarasehan bersama semua kolaborator kegiatan, diantaranya PDDI Kota Malang, Yayasan Bakti Semesta Alam (YABISA), Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana, Asosiasi Experiential Learning Indonesia (Aeli) Jawa Timur, Alumni ‘87 STIE ABM Malangkucecwara Malang serta Tim Wanawisata Coban Rondo. Salah satu hasil dari Sarasehan adalah merencanakan kegiatan selanjutnya yaitu donor darah bersama.


 

Kegiatan Hari Minggu diawali dengan senam bersama dan briefing kegiatan. Ketua YABISA, Wasis, mengatakan bahwa perlu adanya edukasi kepada masyatakat mengenai salah satu cara penanaman bibit pohon bukan hanya dengan membeli bibit yang sudah dalam polybag dan besarnya 1 meteran, melainkan dengan mengambil bibit pohon yang tersedia di alam atau di dalam hutan. Kemudian briefing dilanjutkan oleh Tim dari Coban Rondo mengenai teknis pengambilan bibit pohon dan lokasi penanaman. "Tempat pencarian bibit alam terletak di daerah bukit panderman,untuk mengambil bibit pohon puspa yang nantinya akan dikumpulkan untuk penyemaian. Setelah didapatkan tanaman bibit alam, para partisipan diarahkan ketempat penanaman sudah disediakan dan akan diberikan pelatihan cara menanam bibit pohon oleh Tim Coban Rondo. Bibit pohon yang diberikan ada bermacam-macam, diantaranya pohon mahoni, pohon pinus, tanaman perdu lainnya. Total sudah disiapkan ada sekitar 300an bibit pohon yang ditanam di beberapa lokasi. Seperti wilayah camping ground dan jalur menuju hutan dalam", ujar salah satu Tim Coban Rondo, Minggu  (13/2/2022).


               

Setelah kegiatan penanaman bibit pohon selesai, semua partisipan mengikuti penutupan kegiatan. ''Penanaman pohon ini sejalan dengan semangat kita bersama untuk melestarikan hutan dan lingkungan untuk masa depan kita. PDDI Kota Malang berterima kasih kepada semua organisasi yang telah berkolaborasi mensukseskan kegiatan ini '' ujar Puryadi selaku Wakil Ketua 2 PDDI Kota Malang.

M. Rifki Fauzi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PDDI LESTARI : Kegiatan Penghijauan Hutan Bersama dengan Berbagai Organisasi

Trending Now