Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Sosialisasi Hasil Program Kerja Bina Desa oleh Mahasiswa Teknik Kimia UPN “Veteran” Jawa Timur di Desa Kalipucang

Admin JSN
10 Oktober 2024 | 08.32 WIB Last Updated 2024-10-10T01:32:49Z
Kegiatan sosialisasi terkait pemanfaatan limbah produksi UMKM, pertanian, dan peternakan di Desa Kalipucang oleh Mahasiswa UPNVJT

PASURUAN|JATIMSATUNEWS.COM - Kelompok Mahasiswa Bina Desa Jurusan Teknik Kimia UPN “Veteran” Jawa Timur bulan September 2024 telah melakukan sosialisasi pemaparan hasil program kerja pada Minggu, (29/9/2024) mulai pukul 10.00 - 12.30 WIB yang bertempat di Balai Desa Kalipucang. Mahasiswa bekerja sama dengan pihak perangkat desa untuk menjebatani komunikasi dengan warga, agar acara sosialisasi dapat berjalan dengan lancar. Peserta acara sosialisasi tersebut berasal dari kalangan warga yang aktif di bidang UMKM, kelompok tani, serta peternak sapi. Hal tersebut karena materi yang disampaikan merupakan hasil dari program kerja yang membahas mengenai pemanfaatan limbah dari produksi UMKM, pertanian dan peternakan yang diolah menjadi produk yang memiliki nilai fungsi dan jual. 

Materi yang disampaikan yaitu tentang pemanfaatan limbah kulit pisang menjadi pupuk organik cair (POC), pengolahan pelepah pisang menjadi keripik, pembuatan briket dari kotoran sapi, pengolahan kulit buah kopi menjadi teh cascara, serta tentang pemasaran digitalisasi. Materi pemasaran secara digital dipilih karena masyarakat Desa Kalipucang yang bergerak dalam bidang usaha penjualan sering kali hanya mengandalkan proses penjualan secara offline, sehingga target pasar pun terbatas. Sehingga untuk mencoba mengatasi hal tersebut dilakukan penjelasan tentang informasi menegnai pemasaran secara digital dengan harapan konsep pemasaran secara digital dapat diterapkan oleh pelaku UMKM di Desa Kalipucang dan nantinya pemasaran dan target pasar akan semakin luas. 

Sosialisasi dilakukan dengan rangkaian acara berupa penjabaran tentang proses pembuatan produk, hasil produk yang telah dibuat serta terdapat sesi tanya jawab dimanfaatkan oleh peserta auntuk menanyakan mengenai informasi yang dirasa masih belum jelas pada saat dijabarkan dalam sosialisasi. Pertanyaan tersebut seputar tentang penjelasan proses pembuatan produk yang dirasa masih belum jelas, serta bagaimana cara pengaplikasian produk. Acara ini tentunya diharapkan dapat memberikan manfaat baik bagi peserta sosialisasi, perangkat desa dan panitia.  


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Hasil Program Kerja Bina Desa oleh Mahasiswa Teknik Kimia UPN “Veteran” Jawa Timur di Desa Kalipucang

Trending Now