Gubernur Jatim dan Ribuan Jama'ah Hadiri Puncak Haul Pondok Modern Al-Rifa'ie, Bersama Majelis Riyadlul Jannah

Eko Rudianto
01 Oktober 2024 | 22.16 WIB Last Updated 2024-10-01T16:42:03Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Dalam Rangka Puncak Haul Masyayikh Al-Rifa'ie khususnya, haul ke-13 Almaghfurlah KH. Achmad Zamashyari, haul ke-4 Almaghfurlah KH. Muhammad Basuni Zamachysari dan haul ke-2 Almaghfurlaha Ibu Nyai Hj. Shofiatul Mu'awwanah. Yayasan Pondok Modern Al-Rifa'ie bersama Majelis Maulid Wat Ta'lim Riyyadlul Batu Malang, menggelar pembacaan maulid simtuddurar pada, Selasa (1/10/24). 


Selain dalam rangka haul, kegiatan ini merupakan, rangkaian kegiatan safari maulid ke-28 yang dilaksanakan di Yayasan Pondok Modern Al-Rifa'ie 2,  Jalan Raya Ketawang No.2, Krajan, Ketawang, Gondanglegi-Malang dihadiri langsung oleh Pengasuh Pondok Modern Al-Rifa'ie Dr. KH. Ahmad Muflih Zamachsyari, SE.,MM, Khodimul Majelis Riyadlul Jannah Al-Habib Abdurrahman bin Hasyim Baraqbah dan Gus Rofi'ul Hamid serta Gus Muhammad Ibrahim 'Arofi Himzi. 


Malam Tabligh Akbar tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, para habib dan ulama', forkopimcam serta ribuan jamaah Majelis Maulid Wat Ta'lim Riyadlul Jannah Malang Raya dan sekitarnya. 

Sebelumnya, rangkaian Haul Masayikh Al-Rifa'ie telah digelar mulai sabtu, 28 September 2024 hingga Selasa, 1 Oktober 2024 mulai dari Khotmil Qur'an bil Hifdzi, Temu Alumni, Tahlil & Yasin, sampai tiba pada malam ini yaitu Al-Rifa'ie Bersholawat. 

Setelah pembacaan maulid simtuddurar, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Pengasuh Pondok Modern Al-Rifa'ie, Gubernur Jawa Timur serta Mauidhah Hasanah oleh KH. Imam Ma'ruf yang merupakan Rois Syuriah PCNU Kabupaten Malang serta pengumuman jadwal majelis Riyadlul Malang Raya yang paling jauh adalah ke Kota  Bandung Jawa Barat, secara umum isi sambutan adalah sebagai berikut :

1. KH. Ahmad Muflih Zamachsyari
- Kyai karismatik tersebut mendukung Calon Gubernur Jawa Timur dalam maju kembali pada kontestasi pemilihan Gubernur Jawa Timur periode 2024-2029 "Kita Do'akan beliau diberikan amanah untuk melanjutkan kepemimpinannya, alfatihah" ujar Kyai Muflih.
- Hubungan Al-Rifa'ie dengan Riyadlul Jannah sangat erat, sebab dahulu kita ada di Singosari dan sering bertemu dengan KH. Abdurrohim bin Ahmad Syadili di Junrejo-Batu.
- Pada Tahun 1993 Keluarga Kyai Muflih Hijrah ke Gondanglegi dan mendirikan ponpes Al-Rifa diresmikan pak Wiranto pada tahun 1999 yang awalnya santri hanya 6 orang. 
- Pada tahun 2024 sudah 5000 orang, pada tahun 2014 pertama mengadakan RJ dan malamnya bertepatan dengan wafatnya khodimul majelis Riyyadlul Jannah, inilah kemudian yang membuat kedekatan emosional. 
- Dipenghujung Kyai meminta do'a kepada para habaib dan ulama' serta jamaah sekalian "Mohon do'a bisa melanjutkan amanah didalam mengembangkan ilmu agama, mendidik dan menerima amanah dipesantren modern al-rifa'ie" ucap Kyai Muflih. 
- Kyai juga mengucapkan Terimakasih kepada yang sudah rawuh, untuk para kyai dan khusunya Ibu Khofifah Indar Parawansa, Mohon maaf yang sebesar-besarnya jikalau kami (pondok modern al-rifa'ie) apabila tidak bisa menghurmat dengan sempurna kehadiran panjengan semua. 

2. Ibu Nyai Hj. Khofifah Indar Parawansa
- Jikalau Kyai Ahmad Muflih Zamachsyari sudah doktor, maka santri putra dan santri puteri harus bisa sekolah setinggi-tingginya agar bisa menjadi doktor, ilmunya manfaat barokah.
- Santri putri yang kelas 12 bismillah kuliah, bukan KUA. 
- Dibumi Indonesia yang harus kita syukuri majelis sholawat bisa dilaksanakan dimana saja, kapan saja dengan jumlah seberapa saja. Syekh Hisyam  Kabbani pimpinan Thariqah qadriyah naqsabandiyah dunia menyampaikan, mudahnya mencari surga di Indonesia karena selalu mendapatkan bimbingan dari ulama, dipandu oleh sangat banyak pesantren yang menyiapkan majelis-majelis maulid dan majelis ta'lim.
- Setiap jalan shubuh yang di baca gus dur adalah syiir abu nawas yang terkenal dengan arti Ya Tuhanku, hamba tidak pantas menjadi penghuni surga, Namun hamba juga tidak kuat menahan panas api neraka. Maka sudah selayaknya sebagai hamba kita bisa mendalami makna yang terkandung dalam syiir ini. 

3. KH. Imam Ma'ruf 
- Rosulullah pernah sedih karena malaikat jibril tidak datang selama 15 hari, kemudian orang kafir mengolok-olok nabi Muhammad SAW dan menduga tuhan (Allah sudah memusihi nabi), lalu  malaikat jibril mengatakan bahwa malaikat jibril tidak sowan ke nabi bukan berarti wahyu putus. Tetapi ketika mau masuk ke rosulullah ada hijab atau penghalang, penghalang itu adalah dipojok kamar rosulullah ada bangkai anjing. Setelah itu dibersihkan, maka turunlah ayat surat dhuha.
- Kemudian KH. Imam Ma'ruf sejarah Pondok Modern Al-Rifa'ie mengapa dilabeli kata modern, sebab saat ini KH. Imam Ma'ruf juga menghadiri grand launching yang sekaligus dihadiri oleh KH. Hasyim Muzadi. Secara eksplisit terjadi percakapan antara KH. Hasyim dengan Pendiri, "Kenapa kok disebut pondok modern?" (kyai Hasyim Muzadi bertanya), lalu sang pengasuh menjawab "Saya beri nama pondok modern, pertama agar keren dan yang kedua. Adapun isinya tetap kepada pondok-pondok salaf, kitab-kitab salaf ala ahlusunnah wal jamaah, ala thoriqotil nahdlatul ulama. Namun diframe dengan pondok modern agar tidak kalah dengan pondok lainnya". 
- Kemudian KH. Imam Ma'ruf menganalisis gagasna pendiri yang bisa dilihat pondok modern ini memang sesuai namanya, berkembang pesat, yang awalnya santrinya masih 6 sekarang 5000, tanahnya semakin luas dan mulai berdiri kampus atau universitas. 
- Baginda rosulullah hanya memiliki satu keridhaan yaitu saat semua ummatnya masuk surga.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Jatim dan Ribuan Jama'ah Hadiri Puncak Haul Pondok Modern Al-Rifa'ie, Bersama Majelis Riyadlul Jannah

Trending Now