Gambar 2

Gambar 2

Siswa Kelas IIX B Bawakan Tari Dolanan Jawa pada Malam Puncak Gebyar Budaya Nusantara P5 Yayasan Ponpes Miftahul Ulum Al-Manaf Dampit

Eko Rudianto
23 September 2024 | 17.01 WIB Last Updated 2024-09-23T10:53:12Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Malam puncak kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Manaf meriha dengan gelaran aksi tari Dolanan Jawa yang dibawakan oleh perwakilan kelas 8B. Terlihat sangat menguasai panggung dan lihai dengan gerakan tari yang dibawanya.alur cerita dan pesan moral bisa tertangkap dengan baik tentang pentingnya dolanan jawa sebagai metode pendidikan pada anak. 

Tarian kreasi tradisional dolanan merupakan tarian kreasi tradisional asli jawa tengah yang biasanya di kenal juga sebagai tari permaianan. Tarian ini semakin tersingkir akibat tarian modern yang lebih disukai anak-anak. Hal tersebut mengakibatkan tarian dolanan punah.

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan nilai budaya. Nilai-nilai tersebut dapat ditemukan pada berbagai macam aspek kebangsaan di negeri ini, salah satunya adalah permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan permainan yang dimainkan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Pada umumnya, permainan tradisional dimainkan oleh sekelompok anak, sehingga terciptalah kebersamaan ketika memainkan permainan tersebut. Selain itu, dengan adanya permainan tradisional dapat melatih anak dalam mengembangkan rasa kepedulian diantara sesama.

Lagu dolanan merupakan salah satu bentuk tradisi lisan yang dilakukan oleh orang Jawa. Tradisi lisan merupakan salah satu kearifan lokal yang mempunyai pelajaran tersembunyi yang selama ini belum dipahami masyarakat luas.

Lirik lagu yang mengiringi dolanan  pada umumnya terkesan sangat sederhana. Akan tetapi, jika dilihat lebih mendalam, lirik yang terkandung dalam lagu dolanan sarat akan makna. Dapat dikatakan bahwa lirik lagu tersebut memperkuat nilai budaya bangsa. Lagu dolanan merupakan salah satu bentuk karya sastra Jawa yang digunakan anak-anak untuk bermain. Dalam karya sastra terdapat berbagai kandungan. Salah satunya adalah ajaran moral. Ajaran moral adalah nasehat dan amanat mengenai benar-tidaknya sikap manusia dalam kehidupan bermasyarakat

Lagu dolanan dirasa memiliki makna estetik, musikal dan kultural. Dari segi musikal, lirik dan iramanya berkaitan dengan perkembangan musikalitas anak. Dari segi kultural lagu dolanan dapat memberikan ajaran kepada anak agar disiplin, menjaga harmoni dengan alam, sesama manusia dan orang tua. Mengajarkan lagu dolanan merupakan alternatif untuk mengatasi modernisasi yang umumnya menjauhkan anak untuk memiliki moral yang baik. Dolanan merupakan bentuk permainan tradisional yang mempunyai ciri khas berupa lirik lagu dan gerakan tari.

Sesuai dengan temanya, puncak proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) SMK Cendekia Madinah dan SMP Ibnu Rusdy ini adalah budaya nusantara, tuntas sudah pertunjukan seni tari dolanan jawa ini untuk melengkapi suasana tema budaya nusantara tersebut, penonton terkesima serasa berada pada suasana tempo dulu.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Siswa Kelas IIX B Bawakan Tari Dolanan Jawa pada Malam Puncak Gebyar Budaya Nusantara P5 Yayasan Ponpes Miftahul Ulum Al-Manaf Dampit

Trending Now