Siang Malam, Plt Bupati Subandi Sisir Warga Sidoarjo yang Membutuhkan Bantuan

Admin JSN
16 September 2024 | 21.35 WIB Last Updated 2024-09-16T14:35:03Z

 

Plt Bupati Sidoarjo, Subandi, memberikan bantuan kaki palsu dan sembako kepada Ismail dan Wahyu, serta memastikan akan memperbaiki rumah mereka yang sudah tidak layak huni.

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM – Plt Bupati Sidoarjo, H. Subandi, S.H., M.Kn., kembali menunjukkan komitmennya dalam membantu warga yang kurang mampu. Kali ini, perhatian tertuju kepada Ismail dan Wahyu, warga RT 5 RW 3 Desa Wonokalang, Kecamatan Wonoayu, yang sama-sama kehilangan kaki kanan akibat kecelakaan.

Ismail kehilangan kaki pada tahun 2002 dan Wahyu pada tahun 2020 akibat kecelakaan di tempat kerja. Begitu mendengar cerita ini, Subandi segera mendatangi rumah mereka, memberikan bantuan berupa sembako dan kaki palsu.

“Saya sangat berterima kasih kepada Abah Subandi. Bantuan ini sangat berarti dan membuat saya lebih nyaman bekerja,” ujar Ismail, yang hingga kini tetap bekerja sebagai sopir meski dengan keterbatasan fisik. Selain itu, rumah Ismail juga akan dibedah karena kondisinya yang rusak, dan Plt Bupati memastikan akan membangun kamar mandi yang layak bagi keluarga Ismail.

“Supaya kesehatannya terjaga, kami akan bangunkan kamar mandi dengan septic tank yang memadai,” kata Subandi.

Kunjungan hari itu tidak hanya berhenti di rumah Ismail. Subandi juga mengunjungi Suraji, warga RT 1 RW 2 Desa Mulyodadi, Kecamatan Wonoayu, yang rumahnya sudah tidak layak huni. 

Kondisi rumah Suraji sangat memprihatinkan, dengan dinding kayu yang lapuk, atap yang bolong, dan lantai yang masih berupa tanah. Suraji hanya bekerja serabutan dan tidak memiliki pekerjaan tetap, sehingga sulit untuk memperbaiki kondisi tempat tinggalnya.

“Kondisi semacam ini tidak boleh dibiarkan.  Apalagi anak dari Pak Suraji ini masih kecil. Makanya ketika saya dapat laporan ada warga Sidoarjo yang  tinggal di rumah kurang layak, saya langsung sidak berikan bantuan bedah rumah,” ujar Subandi, yang berjanji akan memperbaiki rumah Suraji dalam waktu dua minggu.

Subandi juga menanyakan, apakah sudah punya BPJS Kesehatan? Keluarga Suraji menjawab sudah punya BPJS Kesehatan gratis. Abah Bandi hanya ingin memastikan setiap warga Sidoarjo dapat layanan kesehatan yang memadai.

Pemkab Sidoarjo juga telah memastikan layanan kesehatan yang memadai bagi warga yang kurang mampu melalui program Universal Health Coverage (UHC). Bagi warga yang belum memiliki BPJS Kesehatan, cukup dengan membawa surat keterangan tidak mampu dari kepala desa untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit milik pemerintah.

Kepala Desa Mulyodadi, Slamet Priyanto, SH mengakui kerja Plt Bupati Sidoarjo Subandi sangat responsif dan langsung turun ke bawah (turba). Dirinya langsung merespon cepat ketika ada warga yang membutuhkan bantuan.

Hal itu membuat kerja kepala desa semakin nyaman. Sebab banyak sekali keluhan warga yang tidak dapat ditangani oleh pemerintah desa.

“Begitu kita sampaikan ke pak bupati, tidak butuh waktu lama langsung ditindak lanjuti. Tadi beliau juga menyampaikan dua minggu lagi rumah pak Suraji akan diperbaiki,” ujarnya.

“Ini yang benar-benar kami harapkan, sosok pemimpin yang responsif dan memahami kondisi masyarakat. Saya ucapkan terima kasih kepada pak Bupati Subandi yang telah membantu warga kami,” pungkasnya (zeera)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Siang Malam, Plt Bupati Subandi Sisir Warga Sidoarjo yang Membutuhkan Bantuan

Trending Now