Sako Ma’arif Kota Malang Gelar DIANPINRU dan DIANPINSAT untuk Pembentukan Pemimpin Berkualitas

Admin JSN
07 September 2024 | 15.41 WIB Last Updated 2024-09-07T08:41:26Z
Kegiatan Dianpinru dan Dianpinsat untuk memperdalam pengetahuan serta keterampilan kepramukaan peserta

MALANG|JATIMSATUNEWS.COM - Kegiatan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) & Gladian Pimpinan Satuan (Dianpinsat) tahun 2024 yang diinisiasi oleh Sako Pramuka LP Ma’arif NU Kota Malang terbilang sukses. 

Perkemahan tersebut berlangsung pada Jumat hingga Sabtu, 6-7 Agustus 2024 di MI Nurul Ulum Arjosari Blimbing Kota Malang. Selama dua hari tersebut, para peserta mengikuti berbagai kegiatan pelatihan praktis dan teori yang dirancang untuk memperdalam pengetahuan serta keterampilan kepramukaan mereka. Dengan harapan, anggota Pramuka di lingkungan Sako Ma’arif Kota Malang dapat lebih siap menghadapi kegiatan persahabatan dan perlombaan di luar sekolah. Kata Ketua Panitia, Kak Asykur bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengkaderan dan pelatihan kepramukaan yang dilaksakan secara terprogram oleh Sako Maarif NU Kota Malang.

Ketua PC NU Kota Malang KH. Dr. Isroqunajah, M.Ag mengatakan Dianpinru Pramuka LP Maarif NU Kota Malang dapat memberi bekal keteràmpilan dan membiasakan mandiri dan berani untuk mempimpin sejak dini dalam skala kecil. Keterampilan ini akan dilanjutkan ketika mereka aktif di IPNU dan IPPNU.”Kegiatan Dianpinru diharapkan dapat membentuk jiwa mandiri, cekatan dn latihan kepemimpinan sejak dini,” ujar Gus Is sapaan KH. Dr. Isroqunajah, M.Ag. 

Sementara Ketua LP Ma’arif NU Kota Malang Prof. Dr. H. Nur Ali, M.Pd menambahkan jika kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat mental dan kreativitas anggota Pramuka serta meningkatkan keterampilan kepemimpinan mereka. Sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, kegiatan ini merupakan upaya penting dalam pendidikan karakter generasi muda.

Dalam kegiatan ini, sambung Prof Nur Ali, peserta telah mendapatkan pembekalan materi tentang dinamika kelompok, tata upacara, baris berbaris dengan tongkat, serta latihan mendirikan tenda dan tali temali. Selain itu, mereka juga belajar sandi Morse, semaphore, peta pita, dan teknik masak rimba. “Materi lain seperti administrasi regu, leadership, dan api unggun juga menjadi bagian dari pelatihan ini, dengan tujuan untuk membentuk pemimpin yang berkualitas di tiap gugus depan”, ujar pria asal Lomongan ini.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini, anggota Pramuka akan memperoleh bekal materi kepramukaan yang lebih baik, sehingga mereka dapat menjalani aktivitas kepramukaan dengan lebih semangat dan termotivasi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi para anggota untuk berkontribusi lebih dalam kegiatan pramuka dan menjadikan mereka pribadi yang berkepribadian dan berjiwa Pancasila.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sako Ma’arif Kota Malang Gelar DIANPINRU dan DIANPINSAT untuk Pembentukan Pemimpin Berkualitas

Trending Now