Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Indah dan Estetik, Siswa Kelas X TKJ & Farmasi Persembahkan Tarian Gugur Gunung pada Malam Puncak Gebyar Budaya Nusantara

Eko Rudianto
23 September 2024 | 17.04 WIB Last Updated 2024-09-23T10:49:39Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Siswa/ Siswi SMK Kelas X jurusan teknik komputer dan jaringan (TKJ) & Farmasi SMK Cendekia Madinah Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Manaf Dampit, dalam gebyar budaya nusantara memilih menyuguhkan Tarian Gugur Gunung sebagai persembahan dimalam puncak kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di Halaman SMK Cendekia Madinah pada sabtu, (21/9/24). 

Tarian Gugur Gunung adalah tarian tradisional Jawa Tengah yang menggambarkan semangat gotong-royong dan kerja keras masyarakat dalam mengatasi pekerjaan berat bersama-sama. Gerakannya dinamis dan enerjik, dengan musik pengiring gamelan, mencerminkan kebersamaan dan kekuatan kolektif. 

Bagi masyarakat pedesaan atau perkampungan seperti diwilayah Dampit kegiatan gugur gunung selalu dipakai untuk kegiatan keberssmaan seperti kerjabakti, kegiatan kebersihan lingkungan atau membantu tetangga yang memiliki hajat pembangunan rumah atau yang lainnya. Sudah menjadi kebiasaan bagi warga atau masyarakat untuk membantu setiap tetangga yang memiliki hajat dengan sukarela tanpa imbalan dilakukan bersama-sama oleh seluruh warga sekitar.

Unsur persatuan misalnya terdapat dalam lirik lagu Gugur Gunung berbunyi sayuk rukun bebarengan ro kancane yang memiliki makna sikap kebersamaan, sedangkan lirik yang berbunyi holobis kontul baris bermakna kebersamaan, tertib, dan kompak yang dianalogikan dengan kontul yaitu hewan sejenis burung yang ada di sawah-sawah berbaris rapi. Judul Gugur Gunung itu sendiri sudah merupakan konsep filosofis yang bermakna gotong royong. Gotong royong atau kerjasama tidak mungkin terwujud jika kerukunan terbengkalai. Dengan adanya kerukunan antar daerah maka persatuan dan integritas bangsa akan terwujud.

Dibawakan dengan gerakan tari secara lugas, dengan properti yang lengkap, tata rias yang elok, musik yang diremix kekinian, serta latar pencahyaan yang mendukung membuat karakter setiap penari menjadi indah nan elok. Akhirnya pesan moral yang ingin dibawakan tertangkap dengan baik oleh penonton. Suatu kebanggan yang luar biasa dan mahakarya istimewa dibawakan oleh peserta didik SMK Cendikia Madinah Dampit terpatri didalam hati para penonton.

Keahlian semacam ini merupakan sesuatu yang harus disalurakn peserta didik agar membawakan sebuah prestasi, hal itu pastinya didukung oleh Civitas akademika SMK Cendekia Madinah sebagai upaya menjadi instansi pendidikan terbaik yang dapat menghasilkan peserta didik yang unggul sehingga bisa dipercaya oleh masyarakat sekitar dalam menitipkan putra-putrinya dalam mengenyam pendidikan disini. Tentunya SMK Cendekia Madinah Dampit ini siap mengemban kepercayaan masyarakat dalam mendidik generasi penerus bangsa yang unggul.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indah dan Estetik, Siswa Kelas X TKJ & Farmasi Persembahkan Tarian Gugur Gunung pada Malam Puncak Gebyar Budaya Nusantara

Trending Now