Workshop Ecoprint: Alternatif Batik Ramah Lingkungan oleh Kelompok 11 KKN Tematik UPN Veteran Jawa Timur di Desa Kedungpeluk, Sidoarjo

Admin JSN
05 Agustus 2024 | 06.43 WIB Last Updated 2024-08-04T23:43:07Z
Workshop Ecoprint Ibu PKK dan Mahasiswa KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bela Negara dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur kelompok 11 gelombang 1 menyelenggarakan workshop ecoprint pada totebag sebagai variasi batik ramah lingkungan. Kegiatan ini diadakan pada Rabu (31/7/2024) di Balai Desa Kedungpeluk, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Workshop ini berkolaborasi dengan ibu-ibu PKK dan dihadiri oleh 35 peserta. Antusiasme tinggi dari para peserta menjadikan suasana workshop produktif dan inspiratif. Latar belakang ibu-ibu PKK Desa Kedungpeluk sebagai pembuat batik tulis turut mendukung kreativitas dalam pelaksanaan workshop ini.

Program kerja Mahasiswa KKN Tematik ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan memperkenalkan kreasi baru berupa batik ramah lingkungan, yang diharapkan dapat membuka peluang bisnis baru bagi masyarakat setempat. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkuat perekonomian warga, khususnya para pembuat batik tulis, dengan mengedepankan penggunaan bahan alami seperti daun, bunga, dan batang tumbuhan dalam proses ecoprint.

“Seru mbak workshop-nya, baru tau kalau tumbuhan juga bisa dibuat jadi bahan membatik,” ujar Bu Barok, salah satu peserta. “Waktu mukul-mukul buat nyetak daun ke totebag-nya ini agak capek ya mbak, tapi puas banget waktu lihat hasilnya,” tambah Bu Umi yang merasa puas dengan karyanya.

Workshop ecoprint ini tidak hanya meningkatkan kreativitas tetapi juga memperhatikan aspek lingkungan. Penggunaan bahan alami dan teknik ecoprint yang mudah diaplikasikan dapat mengurangi limbah anorganik, memberikan solusi praktis dan ramah lingkungan dalam pembuatan batik.


Penulis:

Faizah Ayu Nabila

Alfian Candra A. P.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Workshop Ecoprint: Alternatif Batik Ramah Lingkungan oleh Kelompok 11 KKN Tematik UPN Veteran Jawa Timur di Desa Kedungpeluk, Sidoarjo

Trending Now