Support UMKM Lokal: Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Membangun Branding UMKM Batik Wringin Lawang Asal Desa Jatipasar

Admin JSN
04 Agustus 2024 | 11.19 WIB Last Updated 2024-08-04T04:19:44Z
Mahasiswa KKN mendatangi Ibu Yuliarni, pemilik UMKM Batik Wringin Lawang, untuk membantu mempromosikan UMKM beliau melalui platform media sosial online

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM - Dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi lokal, mahasiswa KKN-Tematik Kelompok 07 UPN “Veteran” Jawa Timur membantu memasarkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kota Mojokerto, Sabtu (27/07/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan UMKM Batik Wringin Lawang yang merupakan keindahan dan kekayaan lokal dari desa Jatipasar.

UMKM Batik Wringin Lawang memiliki perbedaan dengan produk batik lainnya. Produk dari Batik Wringin Lawang memiliki ciri khas motif Surya Majapahit dan Candi Wringin Lawang sebagai ikon dari Desa Jatipasar. Hal ini menjadi orisinalitas dari UMKM Batik Wringin Lawang yang dimiliki oleh Ibu Yuliarni.

Kegiatan usaha Batik Wringin Lawang ini tidak terlepas dari adanya hambatan. Hal ini pun dialami oleh Ibu Yuliarni selaku pemilik usaha yaitu terdapat keterbatasan pengetahuan akan teknologi. Hal inilah yang menjadi acuan mahasiswa KKN-T Bela Negara untuk membantu UMKM Batik Wringin Lawang dengan cara mempromosikan UMKM beliau melalui platform media sosial online yaitu Instagram dengan username @batikwringinlawang_. Postingan yang diunggah berupa beberapa video dan foto penggunaan produknya.

Proses pengambilan foto dan video produk tersebut pun tidaklah sederhana. Diawali dengan menentukan tempat yaitu di Candi Wringin Lawang, kemudian menentukan waktu yang baik yaitu pada pukul 16.00 WIB dan juga model pendukung yang sesuai dengan produk, agar foto dan video yang dihasilkan semakin berwarna. Bu Yuliarni sebagai pemilik usaha tersebut pun turut hadir dalam sesi pemotretan produk Batik Wringin Lawang. Ibu Yuliarni mengatakan, “Saya sangat berterima kasih karena sudah dibantu memasarkan produk yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman dan berharap kegiatan promosi ini dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas sehingga dapat memajukan pemasaran produk.”

Penulis: Novita Ramadayanti - Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Anggota Kelompok 7 KKNT Bela Negara Gelombang I Tahun 2024

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Support UMKM Lokal: Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Membangun Branding UMKM Batik Wringin Lawang Asal Desa Jatipasar

Trending Now