Semarak Menyambut HUT RI Ke-79: Kelompok 4 KKNT Bela Negara UPN Jatim Gelar Lomba Cerdas Cermat di Desa Bicak

Admin JSN
05 Agustus 2024 | 13.19 WIB Last Updated 2024-08-05T06:19:41Z
Lomba Cerdas Cermat SD tingkat desa di Desa Bicak yang juga didukung oleh Mahasiswa KKNT UPN Veteran Jatim

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM - Desa Bicak, Kecamatan Trowulan resmi menggelar lomba cerdas cermat SD tingkat desa hasil kolaborasi ide bersama mahasiswa KKNT Bela Negara dari UPN “Veteran” Jawa Timur. Puncak acara pada tanggal 1 Agustus 2024 diikuti hampir lebih dari 50 siswa siswi sekolah dasar kelas 6 berlangsung sangat meriah dan penuh antusias.

Perayaan Hari Kemerdekaan menjadi momen yang dinantikan oleh seluruh warga Indonesia. Segala bentuk perayaan untuk memeriahkan 17 Agustus telah dirancang sejak awal bulan. Desa Bicak, Kecamatan Trowulan, menjadi salah satu daerah yang menyambut bulan Agustus dengan sukacita. Kehadiran mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur turut menyukseskan penyelenggaraan Lomba Cerdas Cermat SD tingkat desa.

Kompetisi ini diinisiasi oleh Kepala Desa Bicak, Yunita Dwi Ratnasari, S.I.Kom, dengan dukungan penuh dari mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur. Program ini menjadi salah satu program kerja unggulan yang menyasar siswa siswi kelas 6 dari tiga SD di Desa Bicak. Seluruh sekolah berkesempatan mengikuti kompetisi ini melalui seleksi tiga tahap dengan agenda sosialisasi sebagai pengantar. Pelaksanaan "Roadshow Kompetisi Cerdas Cermat" dimulai sejak 27 Juli, dengan final sekaligus puncak acara pada 1 Agustus 2024. Tema yang diangkat dalam kompetisi tahun ini berfokus pada rasa cinta tanah air dan mengenal keberagaman budaya Indonesia.

Puncak acara pada 1 Agustus dimeriahkan oleh penampilan spektakuler dari Madrasah Ibtidaiyah Al-Khoiriyah II yang menampilkan semapur dance, lagu nasional "17 Agustus 1945" yang dibawakan secara solo oleh siswi kelas satu dari SD Negeri Bicak, dan "Kebyar-kebyar" yang dinyanyikan oleh siswa kelas 4. Perayaan ini berlangsung sangat meriah, penuh antusiasme, dan kondusif. Jawaban dari setiap finalis sangat memuaskan dan menunjukkan pemahaman mendalam mengenai keberagaman budaya di Indonesia yang menjadi soal-soal pada babak final.

Melalui kompetisi ini, harapannya generasi muda Indonesia menjadi lebih unggul dalam mengenal dan memahami keberagaman budaya sehingga dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme secara alami. Semarak memperingati Hari Kemerdekaan harus dinyalakan sejak dini kepada generasi muda yang tumbuh beriringan dengan digitalisasi agar tidak melupakan sejarah bangsanya.

Penulis: Claudya Sekar
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Semarak Menyambut HUT RI Ke-79: Kelompok 4 KKNT Bela Negara UPN Jatim Gelar Lomba Cerdas Cermat di Desa Bicak

Trending Now