Pemberdayaan Sumber Daya Manusia: Melaksanakan Bimbingan Belajar di SDN Kalipecabean guna mencapai SDG-S 10 : Adanya Desa tanpa kesenjangan

Admin JSN
26 Agustus 2024 | 20.07 WIB Last Updated 2024-08-26T13:07:22Z

 

Mahasiswa KKN UPNVJT Kelompok 10 Gelombang 2 memberikan bimbingan belajar Matematika kepada siswa-siswi SDN Kalipecabean sebagai bagian dari upaya mendukung pencapaian SDG 10 "Berkurangnya Kesenjangan."

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM Jumat, 9 Agustus 2024. Penerapan dari adanya Tujuan Pengembangan Berkelanjutan atau sering disebut dengan Sustainable Development Goals untuk mengatasi berbagai tantangan besar dengan target yang harus di capai. Di Desa Kalipecabean, Kabupaten Candi, Sidoarjo. Merupakan salah satu desa yang memiliki beberapa SDG dibawah 50% yang artinya Desa Kalipecabean harus memperbaiki SDG tersebut guna mencapai tujuan pengembangan berkelanjutan.

SDG 10 “Berkurangnya Kesenjangan” menekankan pada pengurangan ketimpangan sosial dan ekonomi. Dalam konteks pendidikan, tujuan ini memastikan bahwa setiap individu ataupun kelompok memiliki akses yang sama terhadap pendidikan yang berkualitas. Dengan memberikan  pengajaran materi yang cukup merupakan salah satu pengamalan dari adanya SDG 10 “Berkurangnya Kesenjangan” dalam fokus pendidikan.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata “KKN” Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Kelompok 10 Gelombang 2 Desa Kalipecabean memiliki program kerja pendukung untuk adanya peningkatan pada SDG 10 ini. Program Kerja tersebut yaitu dengan memberikan Bimbingan Belajar tambahan bagi siswa/siswi SDN Kalipecabean. Kegiatan ini diadakan pada hari Jumat tanggal 8 Agustus 2024 dan hari tanggal Sabtu 9 Agustus 2024.

Kegiatan bimbingan belajar ini dengan tujuan dari adanya pemberian materi dengan penyampaian yang lebih menyenangkan. Mata pelajaran yang dibawakan yaitu Matematika dengan materi Bilangan Cacah dan Perkalian Bersusun. Dalam hal ini Bimbingan Belajar akan memberikan penyelesaian dengan cara mudah untuk siswa/siswi SDN Kalipecabean.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata “KKN” Desa Kalipecabean Kelompok 10 Gelombang 2 sejumlah 28 Siswa melaksanakan Bimbingan Belajar dengan menyebar di beberapa kelas. Adapun sasaran dari adanya Bimbingan Belajar yaitu kelas 4 dan 5. Pemilihan kelas ini dikarenakan kelas 4 dan 5 memerlukan perhatian ekstra akan penyelesaian dari adanya permasalahan soal Matematika.

Dengan output dari adanya Bimbingan Belajar ini yaitu memberikan cara mudah dalam penyelesaian dari adanya pengerjaan soal Matematika ini. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata “KKN” Desa Kalipecabean Kelompok 10 Gelombang 2 berharap ilmu yang diberikan dapat menjadi bekal untuk siswa/siswi SDN Kalipecabean di masa yang akan datang dan memajukan pada aspek SDG 10 “Berkurangnya Kesenjangan” khususnya pada fokus pendidikan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemberdayaan Sumber Daya Manusia: Melaksanakan Bimbingan Belajar di SDN Kalipecabean guna mencapai SDG-S 10 : Adanya Desa tanpa kesenjangan

Trending Now