Pembelajaran Pengelolaan Sampah Sejak Dini Bersama Pelajar MI Al Huda

Admin JSN
05 Agustus 2024 | 05.43 WIB Last Updated 2024-08-08T04:31:01Z
Kegiatan sosialisasi cara mengelola sampah di MI Al-Huda Lebo

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur  mengadakan sosialisasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Huda Lebo, pada Senin (29/7/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan dari sampah yang kita hasilkan setiap hari. 

Mahasiswa menjelaskan tentang berbagai jenis sampah, seperti organik, non-organik, dan B3, serta pentingnya pengelolaan sampah. Mereka juga memberikan contoh langsung mengenai jenis-jenis sampah dan bagaimana cara memisahkannya. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari para siswa yang mengikuti dengan antusias dan aktif dalam menjawab pertanyaan.

Sosialisasi dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan dari Reza Maulana Rahadian, Ketua Kelompok KKN Tematik UPN "Veteran" Jawa Timur, dan Nur Khodijah, Kepala Sekolah MI Al Huda Lebo. Setelah itu, MC mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai jenis-jenis sampah, yang kemudian diikuti dengan pemaparan materi oleh mahasiswa KKN.

Sebagai bagian dari sosialisasi, mahasiswa meminta satu siswa dan satu siswi untuk mempraktikkan cara membuang sampah sesuai dengan jenisnya. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama antara pelajar kelas 4, wali kelas, dan para mahasiswa KKN.

Dalam sambutannya, Reza menekankan bahwa sampah plastik masih menjadi salah satu jenis sampah terbanyak yang mencemari lingkungan. Ia juga menegaskan pentingnya pendidikan tentang pengelolaan dan pemanfaatan sampah sejak dini, agar kebiasaan baik ini dapat terbawa hingga dewasa. Reza berharap, melalui sosialisasi ini, para siswa dapat memahami dan menerapkan pengelolaan sampah di lingkungan sekitar mereka demi kebaikan bersama.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembelajaran Pengelolaan Sampah Sejak Dini Bersama Pelajar MI Al Huda

Trending Now