Menghidupkan Kembali Eksistensi Desa Bicak, Kecamatan Trowulan Melalui Akselerasi Digital Website Resmi

Admin JSN
05 Agustus 2024 | 14.04 WIB Last Updated 2024-08-05T07:04:44Z
Pengoptimalan website resmi desa sebagai wadah informasi bagi masyarakat luas, bukan hanya warga Desa Bicak

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM – Desa Bicak, yang telah lama vakum dari eksistensinya, kini mulai menunjukkan perubahan signifikan melalui publikasi artikel di website resmi desa. Hal ini berkat program kerja mahasiswa KKNT Bela Negara dari UPN "Veteran" Jawa Timur, bertajuk Akselerasi Digital Website Resmi. Program ini berlangsung selama dua minggu, mulai 24 Juli 2024 hingga 7 Agustus 2024, dengan tujuan mengoptimalkan website resmi desa sebagai wadah informasi bagi masyarakat luas, bukan hanya warga Desa Bicak.

Desa Bicak hanya mencapai 6,47% pada poin 18 indikator desa SDGs tentang kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif, jauh dari target minimal 10%. Desa ini belum memaksimalkan potensi publikasi terkait pembangunan yang telah dilakukan, dari desa Swadaya hingga menjadi desa Swasembada. Padahal, Desa Bicak memiliki website resmi yang dapat menjadi pusat informasi umum tentang visi misi, struktur perangkat desa, serta publikasi artikel mengenai perubahan dan perkembangan desa. Dengan bantuan mahasiswa KKNT Bela Negara UPN "Veteran" Jawa Timur, seluruh jajaran staf desa bekerja sama untuk menghidupkan kembali eksistensi Desa Bicak melalui akselerasi digital website resmi yang sudah ada.

Verdian Loloate Berutu, mahasiswa jurusan Informatika dari KKNT Bela Negara UPN "Veteran" Jawa Timur, mendedikasikan waktunya untuk memberikan pendampingan optimalisasi website resmi desa. Bersama 27 mahasiswa lainnya yang terbagi dalam kelompok-kelompok kecil, mereka memproduksi konten untuk branding desa serta publikasi artikel terkait pencapaian desa.

"Website resmi Desa Bicak sudah terintegrasi dengan baik, hanya perlu penyesuaian pada beberapa bagian, terutama pembaharuan artikel yang terakhir di-update tahun 2022. Proses pembaharuan artikel dimulai dari produksi konten artikel yang menyusun pencapaian pembangunan desa dalam lima tahun terakhir. Publikasi artikel sebenarnya tidak sulit, hanya saja prosesnya memerlukan waktu karena harus menyusun ide dan konsep sebelum memproduksi konten," jelas Verdian Loloate Berutu, yang bertanggung jawab atas pemaksimalan website resmi.

Penulis: Claudya Sekar
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menghidupkan Kembali Eksistensi Desa Bicak, Kecamatan Trowulan Melalui Akselerasi Digital Website Resmi

Trending Now