Mahasiswa KKNT UPN Veteran Jawa Timur Kunjungi Museum Majapahit Trowulan: Inovasi Digitalisasi Menarik Perhatian Wisatawan Asing

Admin JSN
10 Agustus 2024 | 18.43 WIB Last Updated 2024-08-10T11:43:58Z

 

Mahasiswa KKNT UPN Veteran Jawa Timur berfoto bersama di depan Museum Majapahit Trowulan setelah mengeksplorasi berbagai inisiatif digital yang diterapkan oleh museum, 9 Agustus 2024

TROWULAN | JATIMSATUNEWS.COM — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNVJT) melakukan kunjungan ke Museum Majapahit Trowulan dengan tujuan mengeksplorasi penerapan digitalisasi di museum tersebut serta dampaknya terhadap daya tarik wisatawan, khususnya wisatawan asing. Jumat (09/08/2024)

Selama kunjungan, mahasiswa berdialog langsung dengan pengelola museum mengenai berbagai inisiatif digital yang telah dilaksanakan. 

Inovasi ini mencakup pemanfaatan website dan media sosial, seperti Instagram, yang dirancang untuk memudahkan pengunjung yang tertarik pada sejarah Majapahit. 

Menurut pengelola museum, proses digitalisasi ini telah dimulai beberapa tahun yang lalu dan dianggap sebagai langkah maju dalam pelestarian budaya. Inovasi ini telah membantu Museum Majapahit Trowulan menarik lebih banyak wisatawan asing, yang kini semakin tertarik untuk belajar tentang sejarah dan kebudayaan Majapahit melalui format digital yang modern dan mudah diakses.

"Dengan teknologi yang luar biasa ini, diharapkan generasi sekarang dapat bersinergi dengan peninggalan-peninggalan zaman Majapahit," ujar Rozak, Teknisi Pelestari Museum Majapahit, dalam dialognya dengan mahasiswa

Kunjungan ini juga merupakan bagian dari upaya mahasiswa KKNT UPNVJT untuk memahami penerapan teknologi dalam berbagai bidang serta mendukung pengembangan pariwisata berbasis budaya di Indonesia. 

Dengan adanya inovasi digital ini, Museum Majapahit Trowulan semakin menunjukkan komitmennya dalam menjaga dan mempromosikan warisan budaya Majapahit, sambil terus menarik minat pengunjung dari berbagai belahan dunia. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKNT UPN Veteran Jawa Timur Kunjungi Museum Majapahit Trowulan: Inovasi Digitalisasi Menarik Perhatian Wisatawan Asing

Trending Now