Mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 11 UPN Veteran Jawa Timur Gelar Sosialisasi Pendampingan UMKM di Desa Kedungpeluk

Admin JSN
12 Agustus 2024 | 12.01 WIB Last Updated 2024-08-12T05:01:59Z
Kegiatan pendampingan UMKM di Desa Kedungpeluk oleh Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM - Peserta KKNT Bela Negara Kelompok 11 dari UPN Veteran Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pendampingan UMKM di Balai Desa Kedungpeluk, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, pada Jumat (9/8/2024). Acara ini dirancang untuk memberikan pelatihan dan dukungan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal dengan tujuan memperkuat kapasitas mereka dalam pemasaran dan pengelolaan produk.

Salah satu fokus utama sosialisasi adalah pengelolaan media sosial untuk pemasaran. Peserta diberikan wawasan tentang bagaimana memanfaatkan platform digital secara efektif untuk meningkatkan visibilitas produk mereka. Pelatihan ini mencakup strategi konten, teknik promosi, dan analisis hasil untuk memastikan bahwa UMKM dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan mereka.

Selanjutnya, pelatihan tentang pembuatan logo dan desain kemasan juga menjadi bagian penting dari kegiatan ini. Peserta mempelajari cara mendesain logo yang menarik dan kemasan produk yang dapat menarik perhatian konsumen. Dengan desain yang profesional, diharapkan UMKM dapat menciptakan identitas merek yang kuat dan membedakan produk mereka di pasar.

Selain itu, peserta sosialisasi diberikan bimbingan mengenai pendaftaran produk ke marketplace online dan pentingnya memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) serta sertifikasi PIRT. Proses ini sangat penting untuk meningkatkan legalitas dan kredibilitas produk, yang dapatmembuka peluang baru dalam pasar online yang terus berkembang.

"Acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM di Kedung Peluk dengan membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang di pasar yang semakin kompetitif. Melalui bimbingan ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada", ujar salah satu pemateri dari tim sosialisasi.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKNT Bela Negara Kelompok 11 UPN Veteran Jawa Timur Gelar Sosialisasi Pendampingan UMKM di Desa Kedungpeluk

Trending Now