Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Gelar PUSPAGA untuk Membangun PERMATA: Peran Ayah dalam Pengembangan Anak Tangguh di Kelurahan Kalijudan, Surabaya

Admin JSN
04 Agustus 2024 | 08.58 WIB Last Updated 2024-08-04T01:58:22Z
Seorang mahasiswa administrasi publik, Anggie Amalia, memberikan talkshow mengenai pentingnya keterlibatan Ayah dalam pengasuh anak

SURABAYA|JATIMSATUNEWS.COM - Untuk mendorong pentingnya peran ayah dalam pengasuhan anak di Kota Surabaya, Mahasiswa KKN Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur menggelar Talkshow PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) pada Jumat, (26/7/2024) di Kelurahan Kalijudan, Kota Surabaya.

Kegiatan sosialisasi bertajuk “Peran Orang Tua dan Pentingnya Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak” ini dihadiri oleh warga dari setiap RW di Kelurahan Kalijudan. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mendorong perubahan mindset pada orang tua, terutama para ayah, yang masih beranggapan bahwa mengurus anak adalah tugas ibu saja.

Anggie Amalia dari Program Studi Administrasi Publik, sebagai pemateri dalam kegiatan ini, mengungkapkan, “Indonesia merupakan negara fatherless, hal ini dikarenakan kurangnya peran dan keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak.” Dalam pemaparannya, Anggie menjelaskan pentingnya peran orang tua, terutama ayah, dalam mengasuh dan membimbing anak agar dapat menjadi pribadi yang baik serta mencegah kenakalan remaja dan aktivitas seksual di usia muda.

Antusiasme peserta sosialisasi terlihat dari interaksi antara warga dan pemateri saat sesi tanya jawab dan berbagi pengalaman di akhir kegiatan. Banyak ibu-ibu yang mengeluhkan hal yang sama dan kemudian memahami pentingnya peran ayah dalam pengasuhan anak.

Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur berharap setelah adanya kegiatan ini, warga di Kelurahan Kalijudan dapat memahami dan mengetahui peran orang tua serta pentingnya keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak, sehingga dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kenakalan remaja, serta yang paling utama membentuk dan melahirkan anak yang berperilaku positif dan sehat mental.

Penulis: Anggie Amalia Sukmana Sibarani


#TalkShowPUSPAGA #PUSPAGA #Kalijudan #KKNTBelaNegara #UPNVJT

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN UPN Veteran Jatim Gelar PUSPAGA untuk Membangun PERMATA: Peran Ayah dalam Pengembangan Anak Tangguh di Kelurahan Kalijudan, Surabaya

Trending Now