Mahasiswa KKN Kelompok 4 UPN Veteran Jatim Adakan Sosialisasi Bumi Sehat di SD Gondek, Ajak Siswa Hemat Air dan Kurangi Sampah Plastik

Admin JSN
16 Agustus 2024 | 16.15 WIB Last Updated 2024-08-16T09:15:09Z
Sosialisasi bertema "Bumi Sehat" di SDN Gondek oleh mahasiswa KKN untuk mengedukasi terkait kelestarian lingkungan sejak dini

JOMBANG|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 4 dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur mengadakan sosialisasi bertema "Bumi Sehat" di SD Negeri Gondek pada hari Senin (12/8/2024). Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya mahasiswa untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sejak dini. Selain itu mereka juga mengadakan kegiatan menghias kelas untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan di kalangan siswa dengan sasaran kelas 4 dan 5.

Kegiatan sosialisasi dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah SD Negeri Gondek dan juga perkenalan dari mahasiswa yang bertugas. Anggun sebagai pemateri sosialisasi ini menekankan betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. “Lingkungan yang sehat adalah cerminan dari perilaku kita sehari-hari. Kita harus mulai dari hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya dan menghemat penggunaan air”, ujar Anggun.

Sosialisasi berlangsung dengan cara menayangkan video edukasi. Pada video tersebut terdapat empat cara sederhana untuk menjaga bumi, di antaranya sebagai berikut.
Pertama dengan menanam tanaman bisa di tanah halaman atau pekarangan rumah maupun menggunakan pot. Tanaman dapat membuat udara menjadi lebih sejuk karena menghasilkan oksigen. 
Kedua, menghemat air karena 97% air di bumi merupakan air asin dan hanya 1% air bersih yang dapat dikonsumsi. menghemat air bisa dengan cara mematikan air ketika menggosok gigi. 
Ketiga, mengganti penggunaan sedotan plastik menjadi sedotan bambu atau alumunium karena dapat digunakan berulang kali. 
Keempat, mengurangi sampah plastik karena 80% sampah yang ditemukan di lautan merupakan sampah plastik. Mengurangi penggunaan plastik bisa dengan cara membawa tumbler minum dan tempat bekal sendiri saat ingin membeli makanan.

Kegiatan selanjutnya merupakan menghias kelas dengan sederhana menggunakan kertas origami. Kertas origami dibentuk sedemikian rupa membentuk hewan dan tumbuhan dengan jumlah yang cukup banyak, kemudian disambung menggunakan benang hingga terbentuk hiasan gantung origami. Hiasan tersebut digantung di jendela-jendela yang ada di ruang kelas untuk menambah kesan estetik. Selain itu juga dilakukan penempelan poster tips hemat air, langkah mudah mengurangi plastik, dan cara menghemat energi pada mading kelas.

Dengan diadakannya sosialisasi bertemakan “Bumi Sehat” ini diharapkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan hidup dapat tumbuh dan berkembang di hati anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa. Daniel selaku panitia berharap kedepannya generasi muda ini ikut berperan penting dalam menjaga bumi. “Kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan, sehingga mereka akan tumbuh menjadi individu yang peduli dan aktif dalam menjaga kelestarian bumi. Semoga langkah kecil ini menjadi awal dari perubahan besar dalam upaya melindungi dan merawat bumi kita untuk generasi yang akan datang” ujar Daniel.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN Kelompok 4 UPN Veteran Jatim Adakan Sosialisasi Bumi Sehat di SD Gondek, Ajak Siswa Hemat Air dan Kurangi Sampah Plastik

Trending Now