Kelompok KKN 06 UPN Veteran Jawa Timur Adakan Social Campaign Peduli Lingkungan dan Berani Bicara di Depan Umum di SDN Sumput, Sidoarjo

Admin JSN
07 Agustus 2024 | 01.10 WIB Last Updated 2024-08-06T18:10:41Z

 

Mahasiswa Kelompok KKN 06 UPN Veteran Jawa Timur mengajarkan cara menanam menggunakan botol plastik bekas dan melatih murid-murid SDN Sumput untuk berani berbicara di depan umum

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa Kelompok KKN 06 dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Sumput, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. (29/07/2024)

Kegiatan yang berlangsung dari 24 Juli hingga 7 Agustus 2024 ini mengusung tema “Membangun Ekonomi Berkelanjutan dan Masyarakat Peduli Lingkungan”. Salah satu program kerja mereka adalah sosialisasi tentang Penggunaan Sampah Plastik Untuk Menanam dan Social Campaign Berani Berbicara di Depan Umum di SDN Sumput. 

Program ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran lingkungan dan melatih murid untuk berani berbicara di depan umum, sekaligus sebagai langkah awal dalam belajar public speaking.

Sosialisasi ini menekankan pendekatan praktis dengan kegiatan menanam secara langsung serta memanfaatkan botol plastik bekas sebagai pot yang dihias menggunakan cat akrilik. 

Kegiatan ini difokuskan pada siswa kelas 5 SD di SDN Sumput, dengan 15 anak perwakilan yang belajar bersama melalui metode praktik. Para murid diajak menanam tanaman di lingkungan terbuka untuk menciptakan suasana belajar yang baru di luar kelas. 

Mereka diajarkan menanam tanaman hias yang memperindah lingkungan sekolah menggunakan pot yang mereka buat sendiri dari botol plastik bekas yang dihias sesuai kreativitas masing-masing.

Salah satu kegiatan menarik adalah presentasi hasil karya mereka di depan teman-teman sekelas. Mereka harus menjelaskan mengapa sampah plastik harus didaur ulang menjadi pot tanaman. 

Kegiatan ini bertujuan melatih keberanian berbicara di depan umum dan mengembangkan skill public speaking sejak dini. Diharapkan, kedepannya mereka memiliki keberanian lebih untuk berbicara di depan banyak orang.

Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman juara kelompok terkreatif berdasarkan penilaian keindahan, kerapian, dan kerja sama tim, serta penghargaan untuk murid teraktif selama kegiatan berlangsung. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi dan untuk memotivasi murid-murid agar terus semangat belajar dan berpartisipasi aktif.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kelompok KKN 06 UPN Veteran Jawa Timur Adakan Social Campaign Peduli Lingkungan dan Berani Bicara di Depan Umum di SDN Sumput, Sidoarjo

Trending Now