Bangun Kreativitas, Mahasiswa KKNT UPNV Jatim Gelar Pelatihan Tie Dye untuk Ibu-Ibu PKK

Admin JSN
26 Agustus 2024 | 11.55 WIB Last Updated 2024-08-26T04:55:23Z

Ibu-ibu PKK di Desa Balongwono terlihat bersemangat mengikuti pelatihan pembuatan tie dye bersama mahasiswa KKN

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur dari kelompok 1 gelombang 2 melaksanakan pelatihan pembuatan tie dye untuk ibu-ibu PKK di Desa Balongwono, Mojokerto, pada Senin (12/08). Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas warga dan pengenalan pada seni pewarnaan kain yang unik serta menarik.

Pelatihan yang diadakan di Balai Desa Balongwono ini mendapat sambutan hangat dari warga. Dengan antusiasme tinggi, terutama dari warga ibu-ibu PKK yang belajar berbagai teknik dasar tie dye, mulai dari melipat kain, mengikat dengan karet, hingga proses pemberian warna. Sebanyak 25 ibu-ibu PKK yang hadir dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil, masing-masing terdiri dari lima orang, untuk memaksimalkan proses pelatihan.
"Kegiatannya seru dan menambah ilmu. Sebelumnya kami hanya melihat dari TikTok dan Instagram, tapi sekarang bisa praktek langsung. Ini benar-benar menambah pengetahuan kami," ujar Ibu Siska, salah satu peserta pelatihan, yang merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini.

Tidak hanya berhenti pada pembuatan tie dye, mahasiswa KKNT UPNV Jatim juga memberikan edukasi mengenai digital marketing dan cara mendaftar di marketplace. Mengingat kerajinan tie dye memiliki nilai jual yang cukup tinggi, terutama karena sifat handmade yang unik. Ibu-ibu PKK yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat memiliki keterampilan lebih, serta memanfaatkannya sebagai peluang usaha yang berpotensi menghasilkan pendapatan tambahan bagi keluarga.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bangun Kreativitas, Mahasiswa KKNT UPNV Jatim Gelar Pelatihan Tie Dye untuk Ibu-Ibu PKK

Trending Now