Antisipasi Bencana Banjir, Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Bersihkan Penyumbatan Sungai di Kalijudan

Admin JSN
08 Agustus 2024 | 12.21 WIB Last Updated 2024-08-08T05:21:42Z
Mahasiswa KKN bersama warga membersihkan saluran air atau selokan yang tersumbat oleh sampah dan kotoran

SURABAYA|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa KKN Kelompok 9 dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur baru-baru ini mengadakan kegiatan kerja bakti di Kelurahan Kalijudan, tepatnya di RW 04. Program ini merupakan bagian dari pengabdian masyarakat mereka yang bertujuan meningkatkan kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekitar.

Langkah pertama yang diambil mahasiswa KKN adalah membersihkan saluran air atau selokan yang sering tersumbat oleh sampah dan kotoran. Dengan semangat gotong royong, mereka membersihkan selokan dari berbagai endapan seperti sampah, daun kering, dan kotoran. Upaya ini bertujuan memastikan aliran air tetap lancar dan mengurangi risiko banjir.

Selain itu, mahasiswa juga menebang tanaman liar yang tumbuh di area darat. Tanaman liar yang tidak terkendali dapat mengganggu pertumbuhan tanaman lain dan menyulitkan akses jalan setapak. Dengan menebang tanaman-tanaman tersebut, mahasiswa membantu memperbaiki kondisi lingkungan dan mempermudah mobilitas warga desa.

Pembersihan penyumbatan sungai menjadi fokus utama kegiatan mereka. Tanaman liar yang tumbuh di sepanjang tepi sungai sering menghalangi aliran air dan menyebabkan penumpukan material organik, yang dapat mengurangi kualitas air sungai. Mahasiswa KKN Kelompok 9 membersihkan tanaman liar tersebut untuk memastikan aliran air kembali lancar dan mengurangi risiko banjir.

Tidak hanya itu, mereka juga memfokuskan sebagian upaya pada pemangkasan ranting pohon yang terlalu lebat dan merapikan ranting-ranting yang berserakan di sekitar jalan. Tujuan utama tindakan ini adalah menjaga estetika lingkungan dan mencegah bahaya bagi pejalan kaki dan kendaraan. Dengan merapikan ranting-ranting tersebut, mahasiswa berkontribusi pada keamanan dan keindahan lingkungan Kalijudan.

Kegiatan kerja bakti ini memberikan manfaat langsung bagi kebersihan lingkungan dan mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat Kalijudan. Warga setempat merasa sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa KKN. "Kami sangat berterima kasih kepada Mahasiswa KKN Kelompok 9 UPN ‘Veteran’ Jawa Timur karena telah membantu kegiatan kerja bakti hari ini. Berkat bantuan dari teman-teman Mahasiswa ini membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkannya. Terutama pada saluran air atau selokan yang memang banyak sekali sampahnya, kini menjadi lebih lancar karena sampah-sampah tersebut sudah dibersihkan. Dan ranting-ranting pohon yang perlu di pangkas karena terlalu lebat yangmana dapat membahayakan warga setempat," ujar salah satu warga.

Melalui program ini, Mahasiswa KKN Kelompok 9 UPN 'Veteran' Jawa Timur menunjukkan komitmen mereka terhadap pengabdian masyarakat dan berusaha meningkatkan kualitas hidup di desa tempat mereka bertugas.

Penulis: Dian Pratiwi Tejo Kusumo

#KerjaBakti #Kalijudan #KKN #KKNTBelaNegara #UPNVJT
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Antisipasi Bencana Banjir, Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Bersihkan Penyumbatan Sungai di Kalijudan

Trending Now