Pemerintah Desa Tumpeng Rayakan Grebeg Suro Untuk Pertama Kalinya

14 Juli 2024 | 00.23 WIB Last Updated 2024-07-13T17:24:08Z



Grebeg Suro Perdana Merupakan Bentuk Syukur kepada Allah SWT dan Hasil panen supaya Melimpah 

LUMAJANG | JATIMSATUNEWS.COM

Pada hari Sabtu, 13 Juli 2024, Pemerintah Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang menggelar acara Grebeg Suro yang bersejarah. Acara ini bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriyah dan diadakan di Makam Mbah Tuan Sidobranti.

Kades Tumpeng, M. Deni Purwadi, menyatakan bahwa ini adalah kali pertama Desa Tumpeng menggelar Grebeg Suro, namun antusiasme masyarakat sangat besar. Gunungan tumpeng yang diarak dari balai desa menuju makam menjadi pemandangan meriah, dengan ribuan anak-anak, pemuda, dan orang tua turut serta menyaksikan acara tersebut.

"Acara ini merupakan bentuk syukur kepada Allah Subhanahu Wata’alah atas keselamatan dari musibah bagi para petani dan diharapkan dapat meningkatkan hasil panen serta melindungi dari hama," ungkap Deni.

Grebeg Suro di Makam Mbah Tuan Sidobranti juga diharapkan dapat menjadi destinasi wisata yang lebih dikenal, terutama bagi para peziarah dari luar Kabupaten Lumajang yang sering mengunjungi makam ini setiap Jumat Legi.

Acara tersebut turut dihadiri oleh kepala desa M. Dani Purwadi, staf desa Tumpeng, Camat Candipuro, Kapolsek, Danramil Candipuro, serta tokoh masyarakat, tokoh agama, dan sesepuh Desa Tumpeng.

Dengan diadakannya Grebeg Suro ini, Pemerintah Desa Tumpeng berharap dapat mendapatkan dukungan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang untuk mengembangkan potensi wisata lokal lebih lanjut.


Pewarta :Sol

Editor:SM



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Desa Tumpeng Rayakan Grebeg Suro Untuk Pertama Kalinya

Trending Now