Partisipasi Mahasiswa Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jawa Timur Dalam Kegiatan Pelayanan Hukum Di Mall MPP Kabupaten Magetan

Admin JSN
13 Juli 2024 | 19.13 WIB Last Updated 2024-07-13T12:16:58Z

Mahasiswa UPN Veteran Jatim dan Pengadilan Negeri Magetan berkolaborasi memberikan pelayanan hukum keliling di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Magetan

MAGETAN | JATIMSATUNEWS.COM - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Tematik MBKM merupakan salah satu program pendidikan yang dijalankan oleh perguruan tinggi di Indonesia dalam upaya pengabdian dan pemberdayaan terhadap masyarakat. 

Tujuan dari kegiatan ialah meningkatkan kesadaran sosial dan rasa tanggung jawab antar manusia dengan lingkungan sekitar. Selain itu, program KKN ini juga melatih mahasiswa agar mampu mengimplementasikan pembelajaran perkuliahan dalam menemukan penyelesaian masalah di kehidupan sehari-hari. 

Hal tersebut tentu berkaitan dengan pembentukan pola pikir kritis dan kreatif khususnya dalam bidang keilmuan hukum. Sejalan dengan misi kami yang hendak memberikan kontribusi nyata dalam penguatan keadilan sosial dan penegakan terhadap peraturan pemerintahan.

Strategi yang ingin kami terapkan akan berbeda dari penemuan cara penyelesaian sebelumnya. Dengan mengusung slogan “Aksi Nyata Dari Kita Untuk Mereka”, kami bergerak dalam memberikan kualitas dan aksesibilitas untuk mengembangkan pemahaman masyarakat terhadap hak-hak dan kewajiban yang dapat memastikan setiap individu menerima akses perlindungan dan bantuan publik. Contoh kegiatannya berupa pelayanan hukum keliling gratis.


Dalam rangka meningkatkan bantuan publik yang ada di wilayah Kabupaten Magetan, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur bersama dengan Pengadilan Negeri Magetan sebagai mitra Magang dan KKN melakukan pelayanan yang tersedia di salah satu loket Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Magetan. 

Jadwal pelayanan hukum pada loket nomor 13 adalah setiap hari Selasa dan Kamis di setiap minggunya. Dengan hadirnya loket Pengadilan Negeri Magetan di Mal Pelayanan Publik (MPP) sangatlah membantu masyarakat karena mendapatkan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, dan kenyamanan dalam menerima informasi seputar konsultasi hukum.


Pembukaan loket ini untuk memberikan pelayanan hukum tanpa harus melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Negeri Magetan. Kontribusi mahasiswa dalam memberikan bantuan di Mal Pelayanan Publik (MPP) ini hanya mencakup administrasi yang berupa pengurusan surat keterangan dan pelayanan pendaftaran perkara melalui
e-court bagi masyarakat yang hendak melakukan pengajuan perkara di Pengadilan Negeri Magetan. 

Dalam permohonan pembuatan surat keterangan, akan terdapat pengarahan untuk menggunakan aplikasi/website Era Terang. Media ini akan menindaklanjuti pelayanan dalam pengurusan jenis-jenis surat seperti Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana, Surat Keterangan Tidak Sedang Dicabut Hak Pilihnya, Surat Keterangan Dipidana Karena Kealpaan Ringan atau Alasan Politik, Surat Keterangan Tidak Sedang Dinyatakan Pailit, dan Surat Keterangan Tidak Memiliki Tanggungan Utang Secara Perseorangan Atau Badan Hukum. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Partisipasi Mahasiswa Fakultas Hukum UPN “Veteran” Jawa Timur Dalam Kegiatan Pelayanan Hukum Di Mall MPP Kabupaten Magetan

Trending Now