Gus Mujib Calon Bupati dalam Haul KH. Asy'ari dan Ibu Hj. Zainab

Admin JSN
14 Juli 2024 | 22.12 WIB Last Updated 2024-07-15T05:51:43Z

 

Haul KH. Asy'ari danIbu  Hj. Zainab di Ponpes Putra Putri Nurul Huda Grogolan Ngembe Beji, Pasuruan, dihadiri oleh ratusan audiens

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM - Ponpes Putra Putri Nurul Huda Grogolan Ngembe Beji menggelar acara Haul KH. Asy'ari dan Ibu Hj. Zainab pada Ahad, 14 Juli 2024. Acara yang dihadiri sekitar 250 audiens ini berlangsung mulai pukul 20.00 dan dipenuhi oleh berbagai kalangan termasuk para kyai dan calon bupati Pasuruan Gus Mujib.

Gus Mujib menyampaikan beberapa poin penting mengenai peran pondok pesantren (ponpes) dalam sejarah dan masyarakat Indonesia. Ponpes disebut sebagai lembaga pendidikan tertua yang sudah ada sejak zaman Sunan Ampel dan bahkan pada masa Nabi Muhammad, yang dikenal dengan tempat Ahlus Suffa. Ponpes memiliki peran luar biasa dalam menggembleng santri dengan ilmu agama dan menjadi benteng utama bagi Indonesia. Kyai juga menekankan pentingnya peran ponpes sebagai tempat jihad dan penggemblengan agama.

Menurut Kyai, Indonesia tetap lestari karena adanya Nahdlatul Ulama (NU) dan peran ponpes yang sangat luar biasa. Beliau tidak memberikan mauidzoh (nasehat) secara mendalam karena kehadiran banyak kyai dan calon bupati. Kyai mengajak seluruh hadirin untuk bersama-sama mengawal pendidikan anak-anak dengan cara salah satunya adalah memondokkan mereka. Beliau juga mengingatkan pentingnya umat Islam untuk mencari nafkah dan tidak menjadi pengangguran.

Kyai memberikan contoh santri-santri yang menjadi tokoh penting seperti Gus Dur yang menjadi Presiden dan KH. Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden. Beliau menyebutkan bahwa apabila ada kyai yang maju menjadi bupati, hal itu merupakan bagian dari nasab yang sudah direncanakan. Kyai menyampaikan keyakinannya bahwa apabila beliau ditakdirkan menjadi bupati, maka akan menjadi pemimpin yang turun langsung ke masyarakat dan mengontrol berbagai aktivitas.

Beliau juga menceritakan awal mula pencalonannya sebagai bupati yang dimulai dari rapat di kediaman KH. Fuad Sidogiri yang mengutusnya. Acara ditutup dengan doa dan permohonan doa dari Kyai untuk seluruh hadirin, serta komitmen untuk mengawal program CSR dari perusahaan besar di Kabupaten Pasuruan demi kemaslahatan sosial masyarakat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gus Mujib Calon Bupati dalam Haul KH. Asy'ari dan Ibu Hj. Zainab

Trending Now