Hampir Vakum! Mahasiswa KKN Uinsa 80 Berhasil Gelar SOTH di Desa Winongan Kidul Pasuruan

Admin JSN
14 Juli 2024 | 18.11 WIB Last Updated 2024-07-14T11:11:39Z

 

Mahasiswa KKN 80 UINSA sukses menyelenggarakan pertemuan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Pendopo Winongan Kidul Pasuruan

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM – Dalam rangka mengukir pengabdian masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 80 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) berhasil menggelar pertemuan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Pendopo Winongan Kidul, Pasuruan. Kegiatan yang berlangsung pada Minggu, 14 Juli 2024 ini dihadiri oleh tamu undangan dari Perangkat Desa, Bidan Desa, dan seluruh peserta ibu-ibu bersama balitanya.

Acara SOTH ini memberikan edukasi sesuai dengan materi pada setiap pertemuan. Karena sebelumnya telah terjadi jeda dalam pertemuan, kali ini disampaikan tiga materi sekaligus. Materi pertama membahas keterlibatan orang tua dan peran ayah dalam pengasuhan yang baik. Dilanjutkan dengan materi kedua mengenai penerapan komunikasi dan pujian yang baik. Materi ketiga mengupas tentang menjaga kesehatan dan pemenuhan gizi anak usia dini.

Tidak hanya pemberian materi, ibu-ibu peserta juga mengisi Kartu Menuju Sehat (KMS) sebagai bentuk analisis grafik pertumbuhan dan perkembangan anak berdasarkan umur, berat badan, dan jenis kelamin. 

Dengan diaktifkannya kembali kegiatan SOTH, diharapkan mampu menjadikan para orang tua sebagai teladan yang baik untuk anak-anak mereka dan memberikan pola asuh terbaik. SOTH juga didukung dengan adanya Sertifikat Lulus bagi para ibu-ibu yang telah mengikuti tiga belas (13) kali pertemuan dalam satu tahun. Hal ini sudah menjadi target dalam program Bina Keluarga Balita (BKB) yang berada di bawah naungan BKKBN.

Seluruh mahasiswa KKN turut serta membantu kader posyandu dan mengajak anak balita bermain sembari orang tua mendengarkan penyampaian materi. "Di balik anak yang sehat ada orang tua yang hebat," ujar salah satu peserta kegiatan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hampir Vakum! Mahasiswa KKN Uinsa 80 Berhasil Gelar SOTH di Desa Winongan Kidul Pasuruan

Trending Now