AProTechtion, Sunblock Berbahan Kulit Apel Buatan Mahasiswa UM

Eko Rudianto
01 Juli 2024 | 16.54 WIB Last Updated 2024-07-01T14:05:20Z

Tim PKM AProTechtion UM Malang

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Lima mahasiswa Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam tim AProTechtion mengembangkan sunblock berbahan dasar kulit apel (molus domestica) dan daun pegagan (Centella Asiatica) sebagai solusi atas keresahan akan paparan radikal bebas berupa sinar UVA dan UVB secara terus menerus yang dapat mendorong perkembangan penyakit kanker kulit, salah satunya yaitu karsinoma sel basal. 

Tim yang beranggotakan Fatkhur Rahman dari S1 Akuntansi sebagai ketua tim, Dinar Wahyu Ananda dari S1 Pendidikan Biologi, Hikmatul Khasanah dari S1 Kimia, Nasywa Putri Amalia dari S1 Akuntansi, dan Gabrielle Bernadhita Mercyanto Putri dari S1 Desain Komunikasi Visual.

AProTechtion merupakan singkatan dari Apple Protection Technology karena selain menggunakan bahan dasar kulit apel, sunblock ini juga mengaplikasikan teknologi nano untuk memaksimalkan perlindungan dan perawatan kulit dari paparan sinar matahari langsung. AProTechtion diikutsertakan pada ajang Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Belmawa Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia sebagai inovasi dari sunblock yang sudah beredar dipasaran.

Fatkhur, selaku ketua tim mengatakan bahwa AProTechtion adalah sunblock krim dengan daya lindung SPF 50 PA++++ yang dapat digunakan sehari-hari sebagai sebagai perlindungan dari sinar UV A dan UV B. Produk ini sangat cocok digunakan oleh Gen Z yang gemar melakukan traveling dan olahraga outdoor. Produk ini juga cocok digunakan oleh orang-orang yang bekerja di luar ruangan karena tekstur krim yang ringan juga mampu melembabkan serta mencerahkan kulit.

Pengembangan sunblock AProTechtion dibimbing oleh Ibu Sheila Febriani Putri S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing dan didanai oleh Belwama dengan nilai pendanaan sebesar Rp9.750.000. 

Dengan slogan “Don't forget to protect your skin with AProTechtion” tim AProTechtion yakin dapat menjadi sunblock pilihan masyarakat Indonesia dalam beberapa waktu mendatang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • AProTechtion, Sunblock Berbahan Kulit Apel Buatan Mahasiswa UM

Trending Now