Pemprov Jatim Target Pabrik Pengolahan Limbah B3 Di Pasuruan Beroperasi Bulan Agustus 2024

27 Juni 2024 | 21.24 WIB Last Updated 2024-06-27T14:26:57Z



Kunjungan Wapres Ma'ruf Amin dikawasan Pier Kabupaten Pasuruan untuk meninjau kembali Pabrik Pengolahan Limbah B3 bisa beroperasi bulan Agustus mendatang 

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM

Pada hari Kamis, 27 Juni 2024, siang hari, Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk meninjau Pabrik PT Prada Tanara Pratama (PTP) di Kawasan Pasuruan Industri Estate Rembang (PIER), Kabupaten Pasuruan.

Pabrik PT Prada Tanara Pratama, yang baru saja dibangun, memiliki luas sekitar 3.500 meter persegi dan merupakan pabrik pengolahan limbah B3 dalam skala perusahaan nasional. Perusahaan ini memiliki kantor di Jakarta dan Jawa Timur, serta bermitra dengan SIER Surabaya sebagai induk dari PT PIER Pasuruan. Pembangunan pabrik dimulai sejak bulan Maret 2023, dan saat ini telah mencapai tahap 60 persen. Diperkirakan pabrik ini akan mulai beroperasi pada bulan Agustus 2024 mendatang, ungkap Adhy.

Adhy Karyono menjelaskan bahwa PTP akan menjadi fasilitas pengolahan limbah dengan metode insenerasi, yang menguapkan kandungan air dalam sampah menjadi limbah kering. Menurutnya, keberadaan pabrik ini akan memberikan kontribusi penting terhadap pengelolaan limbah industri di PT PIER Pasuruan.

Dalam kesempatan tersebut, Adhy juga menyoroti bahwa Jawa Timur merupakan provinsi dengan tingkat kemudahan berbisnis tertinggi dan daya saing yang tinggi kedua setelah DKI Jakarta. Provinsi ini memiliki kawasan industri yang mendukung peningkatan investasi dan penciptaan lapangan kerja.

Setelah meninjau pabrik, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengapresiasi keberadaan Pabrik Pengolahan Limbah B3 di PIER. Menurutnya, pengolahan limbah industri, khususnya limbah B3, adalah hal yang sangat penting untuk ditekankan dalam upaya menjaga lingkungan dan keberlanjutan industri di Indonesia.(Ubaid)



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemprov Jatim Target Pabrik Pengolahan Limbah B3 Di Pasuruan Beroperasi Bulan Agustus 2024

Trending Now